Puluhan Warga Yahudi Serbu Tepi Barat

Minggu, 18 Oktober 2015 - 17:07 WIB
Puluhan Warga Yahudi Serbu Tepi Barat
Puluhan Warga Yahudi Serbu Tepi Barat
A A A
YERUSALEM - Militer Israel mengatakan, pihaknya baru-baru ini memulangkan puluhan warga Yahudi yang secara ilegal masuk ke wilayah Tepi Barat. Mereka nekat masuk ke Tepi Barat untuk melihat situs suci yang baru-baru ini dibakar.

Militer Israel mengatakan sekitar 30 orang keturunan Yahudi pada Minggu (18/10/2015) pagi mendatangi kompleks situs suci Makam Joseph, anak dari Jacob di Nablus. Pihak militer mengatakan, para warga Yahudi tersebut tidak memiliki izin.

Ketika mereka tiba, mereka dihadang oleh pasukan keamanan Palestina dan bentrokan pun terjadi. Setelah berdialog dengan pasukan keamanan Palestina, militer Israel membawa mereka keluar dari Tepi Barat.

Salah satu dari mereka menderita luka ringan dan lima lainnya digelandang ke kantor polisi untuk dimintai keterangan seperti dikutip dari laman NY Times. Pada hari Jumat lalu, sekelompok warga Palestina membakar komplek makam yang dikeramatkan oleh kaum Yahudi tersebut. (Baca juga : Israel Tuding Warga Palestina Bakar Kuil Yahudi)

Presiden Palestina, Mahmoud Abbas mengutuk serangan itu dan Sekjen PBB menganggap aksi itu sebagai tindakan ekstrimis yang berusaha mengubah konflik yang terjadi menjadi konflik agama.

Pembakaran situs suci tersebut merupakan efek domino dari eskalasi ketegangan dengan kekerasan yang berlangsung sejak akhir bulan September lalu. Saat itu, pasukan Israel menerobos dan menyerang jamaah di dalam masjid.

Aksi ini mendapat perlawanan dari warga Palestina hingga akhirnya muncul aksi-aksi penikaman terhadap warga dan aparat keamanan Israel.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6357 seconds (0.1#10.140)