Saudi Bantah Kabar Hukuman Pancung 28 Petugas Haji

Selasa, 29 September 2015 - 22:44 WIB
Saudi Bantah Kabar Hukuman Pancung 28 Petugas Haji
Saudi Bantah Kabar Hukuman Pancung 28 Petugas Haji
A A A
JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi membantah bahwa ada 28 orang petugas keamanan haji mereka yang diekekusi mati. Sebelumnya sempat muncul kabar, ke 28 orang itu dieksekusi mati karena dinilai lalai dalam menjaga ketertiban haji yang menyebabkan tragedi Mina, dimana ratusan orang tewas dalam insiden tersebut.

"Kabar tersebut tidak benar," kata Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Mustafa bin Ibrahim al-Mubarak kala ditemui wartawan paska peringatan hari penyatuan Arab Saudi di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (29/9/2015).

Kabar mengenai adaanya eksekusi mati itu dihembuskan oleh media Libanon, addiyar beberapa waktu lalu. Dalam pemberitaannya, addiyar menyebut Raja Arab Saudi telah memerintahkan eksekusi mati pada mereka yang dianggap bertanggung jawab dalam kecelakaan mematikan tersebut.

Dalam pernyataannya, Mustafa juga menyerukan kepada seluruh pihak untuk tidak berspekulasi lebih lanjut mengenai penyebab tragedi tersebut, dan menunggu hasil investigasi yang saat ini tengah dilakukan oleh otoritas Saudi.

Akibat insiden itu, puluhan jamaah haji asal Indonesia tewas. Pemerintah Indonesia sendiri hingga kini belum mengambil sikap atas tragedi tersebut. "Apapun sikap itu akan menjadi sikap resmi pemerintah setelah kemudian presiden dapat masukan dari Menteri Agama (Menag-Lukman Hakim)," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/9/2015).
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3753 seconds (0.1#10.140)