Diduga Jadi Korban Tragedi Mina, Diplomat Iran Naik Haji Ilegal?

Senin, 28 September 2015 - 18:32 WIB
Diduga Jadi Korban Tragedi...
Diduga Jadi Korban Tragedi Mina, Diplomat Iran Naik Haji Ilegal?
A A A
MINA - Seorang diplomat Iran dilaporkan hilang dan diduga jadi korban dalam tragedi di Mina. Namun, diplomat bernama Ghazanfar Abadi itu tidak tercatat di otoritas Saudi sebagai jamaah haji resmi.

Sumber di Pemerintah Saudi mengatakan kepada Al Arabiya, Senin (28/9/2015), bahwa nama mantan Duta Besar Iran untuk Libanon itu tidak ada dalam daftar jamaah haji resmi asal Iran.

Jika kehadirannya sebagai jamaah haji itu resmi dikonfirmasi, berarti dia telah memasuki wilayahSaudi secara tidak sah. ”Tidak secara sopan dan tidak diketahui,” tulis media Timur Tengah itu mengutip sumber Pemerintah Riyadh.

Diplomat Iran itu dikhawatirkan ikut jadi korban meninggal dalam tragedi di Mina yang menewaskan lebih dari 700 orang pada pekan lalu. Ghazanfar Abadi, bekerja sebagai Duta Besar Iran di Beirut sampai tahun lalu. Menurut laporan stasiun televisi Pemerintah Iran, dia telah dinyatakan hilang dan diyakini ikut menunaikan ibadah haji di Saudi.

Laporan stasiun televisi Iran itu juga menyebut dua wartawan televisi pemerintah dan analis politik terkemuka juga hilang setelah tragedi Mina. Menurut data resmi dari Menteri Kesehatan Arab Saudi, Khalid al-Falih, korban meninggal dalam tragedi di Mina sebanyak 769 orang dan korban luka mencapai ratusan orang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9319 seconds (0.1#10.140)