AS Bebaskan Pengawal Bin Laden

Rabu, 23 September 2015 - 13:12 WIB
AS Bebaskan Pengawal Bin Laden
AS Bebaskan Pengawal Bin Laden
A A A
WASHINGTON - Pentagon menyatakan telah membebaskan seorang pria Arab Saudi yang pernah bekerja sebagai pengawal pribadi mantan pemimpin kelompok teroris Al-Qaeda, Osama bin Laden.

Abdul Shalabi (39), telah dikembalikan ke Arab Saudi. Ia ditangkap oleh pasukan Pakistan pada tahun 2001 dan dikirim ke pangkalan AS di Kuba. Di penjara ini, ia melakukan aksi mogok makan sebagai bentuk perlawanan terhadap hukuman penjara yang dijatuhkan kepadanya, seperti dikutip dari laman BBC, Rabu (23/9/2015).

Hingga kini, Shalabi tidak pernah didakwa dengan kejahatan apapun. Ia akan menjalani program rehabilitasi militan di Arab Saudi. Sebuah tim panel telah memutuskan bahwa penahanan terhadap Shalabi tidak lagi diperlukan, meskipun ia masih mempunyai kecenderungan bersimpati dengan kelompok ekstrimis.

Pembebasan Abdul Shalabi ini adalah bagian dari pembebasan 114 tahanan di Guantanamo, termasuk 52 tahanan yang akan ditransfer. Presiden Barack Obama telah bertekad untuk menutup penjara itu sebelum masa jabatanya berakhir pada tahun 2017, namun ia menghadapi perlawanan dari pihak oposisi di Kongres Amerika Serikat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5891 seconds (0.1#10.140)