Israel Kerahkan Ribuan Polisi di Al-Aqsa Jelang Idul Adha

Selasa, 22 September 2015 - 10:11 WIB
Israel Kerahkan Ribuan Polisi di Al-Aqsa Jelang Idul Adha
Israel Kerahkan Ribuan Polisi di Al-Aqsa Jelang Idul Adha
A A A
YERUSALEM - Israel mengerahkan ribuan polisi di sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa menjelang perayaan Idul Adha. Israel memperketat pengamanan di situs suci itu, karena perayaan Idul Adha nyaris bersamaan dengan Yom Kippur, salah satu perayaan agama Yahudi.

Pengerahan ribuan polisi itu juga menyusul bentrok selama beberapa hari terakhir antara warga Palestina dan pasukan Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa. Pihak berwenang Israel mengaku telah menangkap 66 orang di Yerusalem selama seminggu terakhir. Dari 66 orang yang ditangkap itu beberapa di antaranya terkait dengan bentrok di kompleks Masjid Al-Aqsa.

Perayaan Yom Kippur dimulai pada Selasa malam hingga Rabu malam. Dalam perayaan ini, biasanya ribuan warga Yahudi datang mengunjungi kompleks situs Al-Aqsa di kota tua Yerusalem.

Sedangkan Idul Adha dimulai pada Rabu malam dan berlanjut sampai hari Minggu. Dari Senin malam, lalu lintas di sekitar Yerusalem dibatasi. Israel juga membangun pos-pos pemeriksaan di kota tersebut.

Menurut polisi Israel, situs Al-Aqsa akan terbuka untuk kunjungan seperti biasa pada hari Rabu. Namun, hanya umat Islam yang akan diizinkan masuk selama liburan Idul Adha empat hari.

Pemerintah Israel, mengatakan mereka pada Selasa (22/9/2015) akan memutuskan apakah perlu memberlakukan pembatasan usia pada warga Muslim yang memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa atau tidak. Menurut laporan AFP, Israel sebelumnya mencegah anak-anak muda untuk memasuki masjid suci itu dengan alasan mengurangi risiko kekerasan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5312 seconds (0.1#10.140)