UPDATE: Angkatan Laut Sebut Tsunami Chile 4,5 Meter

Kamis, 17 September 2015 - 09:37 WIB
UPDATE: Angkatan Laut Sebut Tsunami Chile 4,5 Meter
UPDATE: Angkatan Laut Sebut Tsunami Chile 4,5 Meter
A A A
SANTIAGO - Kota Pantai di Coquimbo, Chile telah dihantam oleh gelombang setinggi 4,5 meter di atas permukaan laut normal. Laporan itu berasal dari militer Angkatan Laut Chile yang memantau bencana tersebut, sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (17/9/2015).

Beberapa video dan foto menunjukkan jalan-jalan di kota itu telah digenangi air imbas dari tsunami. Gelombang tsunami muncul setelah Chile diguncang gempa berekekuatan 8,3 skala richter (SR). Setelah gempa pertama, ada lima gempa susulan yang melanda wilayah negara itu.

Gempa besar itu telah membuat pabrik tembaga top dunia di Chile, Codelco, mengevakuasi semua pekerjanya. ”Kami tidak memiliki masalah dalam divisi. Tidak ada kerusakaninfrastruktur atau personel (yang luka),” bunyi pernyataan perusahaan Codelco melalui Twitter. (Baca: Chile Diguncang Gempa Dahsyat 8,3 SR Disusul Tsunami)

Para pejabat di Chile khawatir bencana besar ini bisa menewaskan hingga 100 orang. Media setempat melaporkan, orang-orang mulai berlarian ke jalan untuk menghindari reruntuhan puing-puing bangunan.

Pemerintah Chile menegaskan, sampai saat ini ada satu warga yang tewas, yakni wanita berusia 25 tahun. Selain itu, 20 orang lainnya dilaporkan terluka.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5288 seconds (0.1#10.140)