Ketika Crane Masjidilharam Disambar Petir dan Jemaah Lari

Sabtu, 12 September 2015 - 12:40 WIB
Ketika Crane Masjidilharam Disambar Petir dan Jemaah Lari
Ketika Crane Masjidilharam Disambar Petir dan Jemaah Lari
A A A
MEKKAH - Beberapa jam setelah tragedi robohnya tower crane yang menimpa Masjidilharam di Mekkah, Arab Saudi, beredar sejumlah rekaman video dan foto detik-detik tragedi. Salah satunya foto saat tower crane disambar petir sebelum roboh dan menewaskan 107 orang.

Selain foto sambaran petir, ada juga video dramatis yang menunjukkan para jemaah di dalam Masjidilharam berlarian menyelamatkan diri. Para jemaah panik dan bingung ketika mencari jalan keluar setelah tower crane jatuh melewati langit-langit bangunan Masjidilharam.

Gambar lain yang kini beredar di media sosial menunjukkan kondisi lantai Masjidilharam yang berserakan puing-puing dan darah. Para korban meninggal juga tampak tergeletak.

Tragedi itu terjadi menjelang Magrib Jumat kemarin waktu Mekkah dan 10 hari sebelum puncak ibadah haji. ”Semua orang yang terluka dan meninggal telah dibawa ke rumah sakit. Tidak ada korban yang ditinggalkan di lokasi,” kata Direktur Otoritas Pertahanan Sipil Arab Saudi, Jenderal Suleiman al-Amro kepada stasiun televisi Al-Ikhbariya.

Wartawan Al Jazeera, Hasan Patel, yang melaporkan dari Mekkah, mengatakan ada saksi mata berbicara kepadanya bahwa crane jatuh di lantai tiga dari Masjidilharam sekitar pukul 17.45 waktu Mekkah.

”Puluhan ambulans menuju ke lokasi. Pihak berwenang menutup daerah tak lama setelah itu,” katanya. ”Seluruh tempat ini sudah menjadi situs konstruksi. Apa yang membuat lebih buruk adalah bahwa sekitar pukul 17.30 ada hujan parah,” lanjut dia.

”Saya dikelilingi oleh orang-orang yang berduka. Mood sini adalah kesedihan,” imbuh dia, Sabtu (12/9/2015).

Editor Gazette, Khaled Al-Maeena, di Jeddah, mengatakan insiden itu terjadi saat muncul badai kuat. ”Adegan ini adalah adegan syok dan orang-orang bertanya-tanya apa yang terjadi,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3939 seconds (0.1#10.140)