Bos SpaceX Ingin Membom Nuklir Planet Mars agar Bisa Dihuni

Jum'at, 11 September 2015 - 18:29 WIB
Bos SpaceX Ingin Membom...
Bos SpaceX Ingin Membom Nuklir Planet Mars agar Bisa Dihuni
A A A
WASHINGTON - Elon Musk, bos dan pendiri perusahaan Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX) di Amerika Serikat (AS) ingin membom planet Mars dengan bom atom atau nuklir agar bisa dihuni manusia.

SpaceX adalah perusahaan transportasi luar angkasa terkemuka di AS. Musk mengaku serius dengan rencananya itu. Dia berpikir dengan dibom atom, planet Mars bisa panas dan berpotensi untuk jadi tempat tinggal manusia.

Menurut miliarder AS itu, planet Mars atau planet Merah perlu pemanasan sebelum manusia bisa berharap untuk menetap di sana. Menurutnya, ada cara cepat dan lambat agar ada suhu panas di Mars.

Cara lambat, katanya, akan dilakukan secara bertahap seperti membangun gas rumah kaca di atmosfer Mars. ”Cara cepat dengan menjatuhkan senjata termonuklir di kutub (Mars),” ujarnya kepada CBS¸yang dilansir Jumat (11/9/2015).


Musk mengaku ingin pergi ke planet Mars. Namun, suhu rata-rata di planet Mars adalah minus 62 derajat Celsius dan minim oksigen.

Menurutunya, sekitar 40 persen energi yang dilepaskan dari bom nuklir adalah energi panas. Sehingga pemboman itu dapat membantu menghangatkan planet terpencil tersebut.

Namun, ilmuwan berpikir cara membom atom planet Mars merupakan cara yang keliru. ”Awan jamur dapat terbentuk secara alami dari kawah atau ledakan gunung berapi,” kata Peter Muller, kepala Imaging Group di Mullard Space Science Laboratory dan seorang profesor di Departemen Fisika Ruang Angkasa dan Iklim di University College, London.

Namun, tidak ada aktivitas vulkanik di planet Mars. Satu-satunya energi panas yang bisa muncul di Mars adalah ketika terkena hujan meteor.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)