ISIS Bom Masjid Syiah di Yaman

Kamis, 03 September 2015 - 15:16 WIB
ISIS Bom Masjid Syiah di Yaman
ISIS Bom Masjid Syiah di Yaman
A A A
SANAA - Dua ledakan bom menghantam masjid milik kelompok Syiah di ibukota Yaman, Sanaa. Bom pertama adalah bom bunuh diri dan bom kedua diletakkan di sebuah mobil yang terparkir di luar masjid. Akibatnya, sedikitnya 35 orang tewas dan melukai lebih dari 100 orang lainnya.

Serangan bom tersebut terjadi ketika kaum Syiah sedang menjalankan ibadah di sebuah masjid yang terletak di Distrik Jiraf, dekat bandara internasional.

"Ketika ledakan pertama terjadi, orang-orang dan ambulans bergegas ke daerah itu. Dan sesaat kemudian kami mendengar ledakan lain. Setidaknya dua ambulans hancur oleh bom mobill," ujar seorang saksi seperti dikutip dari Los Angeles Times, Kamis (3/9/2015).

Terkait insiden ini, kelompok ekstrimis ISIS mengaku bertanggung jawab. Pernyataan ini disebarkan di dunia maya. ISIS selama ini memang kerap menjadikan kelompok Syiah sebagai sasaran serangan bom karena menganggapnya sebagai bid'ah.

Yaman sendiri menjadi arena pertempuran bagi beberapa kelompok. Tercatat ada empat kelompok yang sedang bertempur. Mereka adalah kelompok pemberontak Houthi, kelompok pro presiden Mansour Hadi yang didukung oleh koalisi negara-negara Arab yang dipimpin Arab Saudi.

Dua kelompok lain adalah ISIS dan Al-Qaeda yang berusaha memanfaatkan kondisi di Yaman untuk melakukan konsolidasi kekuatan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5665 seconds (0.1#10.140)