Hendak Dilengserkan, PM Malaysia Keturunan Bangsawan Indonesia

Minggu, 30 Agustus 2015 - 15:33 WIB
Hendak Dilengserkan, PM Malaysia Keturunan Bangsawan Indonesia
Hendak Dilengserkan, PM Malaysia Keturunan Bangsawan Indonesia
A A A
JAKARTA - Sosok Perdana Menteri (PM) Malaysia, Najib Razak, yang hendak dilengserkan kelompok demonstran pro-demokrasi, ternyata keturunan Raja Gowa, Makassar, Indonesia. Dia juga puta bekas PM kedua Malaysia, Tun Abdul Razak Dato’ Hussein.

Demo reformasi Malaysia untuk melengserkan PM Najib digagas oleh kelompok pro-demokrasi bernama “Bersih”. Demo reformasi ini dipicu adanya skandal dugaan korupsi di lembaga keuangan negara Malaysia yang dikenal dengan nama 1MDB. Lembaga yang dipimpin PM Najib itu, dililit utang dalam jumlah besar. Namun dalam momen bersamaan, ada aliran dana multi-juta dolar yang mengalir ke rekening pribadi PM Najib.

Pemimpin Malaysia itu menyangkal telah melakukan kesalahan. Dia juga menolak tuduhan korupsi. Para pejabat Malaysia pro-Najib menegaskan, aliran dana multi-juta dolar ke rekening Najib bukan dari lembaga 1MDB tapi dari donatur asal Timur Tengah. Anehnya, sosok donatur itu sampai saat ini masih misterius.

Sindonews pada Minggu (30/8/2015), merangkum catatan biografi sosok Najib. Nama panjang pemimpin Malaysia ini adalah Dato' Sri Mohd Najib bin Tun Haji Abdul Razak tapi dikenal sebagai Najib Tun Razak dan lebih kerap disapa Najib Razak.

Najib lahir di Kuala Lipis, Pahang, Federasi Malaya, pada 23 Juli 1953. Dia menjabat sebagai PM Malaysia sejak 3 April 2009. Sebelumnya dia menjabat sebagai sebagai Wakil PM Malaysia di bawah pemerintahan PM Abullah Badawaisejak 7 Januari 2004. Najib juga pernah menjadi anggota parlemen untuk wilayah Pekan, Pahang.

Dari silsilah keluarganya, Najib Tun Razak merupakan keturunan bangsawan Makassar,yakni dari Raja Gowa(Kerajaan Makassar) ke-16; I Mallombasi Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape Muhammad Bakir yang bergelar Sultan Hasanuddin.

Sultan Hasannuddin memiliki putra yakni, Raja Gowa ke-19; I Mappadulung Daeng Mattimung Karaeng Sanrobone Sultan Abdul Djalil Tumenanga ri Lakiung. Salah satu dari putra Sultan Abdul Djalil ini merantau ke Pahang, Malaysia, yang merupakan leluhur Najib.

Sebagai keturunan bangsawan, Najib mendapat pendidikan berkelas. Dia tercatat pernah studi di Institusi St.John, Kuala Lumpurdan kemudian belajar di Malvern Boy's Collegedi Worchestershire, Inggris.Ia mendapat Ijazah Sarjana Mudadengan Kehormatan dalam bidang ekonomidari Universitas Nottingham,Inggris, pada tahun 1974.

Najib menjadi pemimpin Malaysia tak lepas dari riwayat karier politiknya. Dia menjadi anggota parlemen termuda di wilayah Pekan, yakni di usia 23 tahun setelah ayahnya meninggal.

Najib juga menjadi wakil menteri paling muda saat dia dilantik sebagai Wakil Menteri Tenaga, Telekom dan Pospada tahun 1978,ketika dia berusia 25 tahun. Kemudian, pada tahun 1982hingga 1986,dia menjadi Menteri Besarpaling muda dalam sejarah Malaysia, yakni ketika dilantik sebagai Menteri Besar Pahang pada usia 29 tahun.

Partai Politik Najib adalah Barisan Nasional atau UMNO. Dia terpilih sebagai sebagai anggota Majelis Tertinggi UMNOmulai tahun 1981. Pada tahun 1982, Najib menjabat sebagai Wakil Ketua Pemuda UMNO tanpa ada saingan setelah pendahulunya, Datuk Mokhtar Hashimmengosongkan jabatan itu.

Pada 1987, dia dipilih sebagai Pemangku Ketua Pergerakan Pemuda UMNO dan menjadi ketua pada tahun1998saat jabatan itu dikosongkan oleh Datuk Seri Anwar Ibrahim. Pada tahun 1993, dia memperebutkan jabatan Wakil Presiden UMNO. Najib terus mempertahankan jabatan Wakil Presiden dalam pemilihan partai pada tahun 1993, 1996 dan 2000.

Pada tanggal 7 Januari 2004,Najib dilantik sebagai Wakil PM Malaysia. Kemudianpada tanggal 2 April 2009, Abudllah Badawimengundurkan diri sebagai PM Malaysia dan otomatis Najib Razak menggantikannya sebagai PM Malaysia.

Sumber: Diolah dari Wikipedia dan sumber lain.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7727 seconds (0.1#10.140)