Digoyang Skandal Korupsi, Menkeu Guatemala Mundur

Selasa, 25 Agustus 2015 - 12:18 WIB
Digoyang Skandal Korupsi, Menkeu Guatemala Mundur
Digoyang Skandal Korupsi, Menkeu Guatemala Mundur
A A A
GUATEMALA CITY - Menteri Keuangan (Menkeu) Guatemala, Dorval Carias, mengundurkan diri pada Senin waktu setempat di tengah penyelidikan skandal korupsi. Carias mundur menyusul tiga menteri Guatemala yang lebih dulu mundur karena persoalan serupa.

Skandal korupsi itu terungkap dengan modus penguarangan bea impor dengan imbalan suap dalam jumlah besar. Presiden Guatemala, Otto Perez, juga telah didesak mundur karena dianggap terlibat dalam skandal itu. Namun, pada hari Minggu lalu, Perez menolak tuduhan itu dan menolak desakan untuk mengundurkan diri.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor Menkeu Carias mengkonfirmasi pengunduran diri menteri tersebut. MenurutReuters, Selasa (25/8/2015), tidak ada alasan untuk keputusannya, tapi langkah itu muncul karena kementeriannya yang menyusun anggaran Pemerintah Guatemala untuk tahun depan.

Menteri Komunikasi Guatemela, Victor Corado juga berencana mengundurkan diri. Tiga menteri di negara itu telah lebih dulu mengundurkan diri pada akhir pekan lalu setelah Jaksa Agung Guatemala menerbitkan izin untuk menuntut Presiden Perez atas dugaan skandal korupsi.

Posisi Presiden Perez semakin terancam setelah jaksa menangkap Wakil Presiden Guatemala, Roxana Baldetti terkait kasus itu. Penangkapan Baldetti kian menguatkan dugaan bahwa Presiden Perez ikut terlibat dalam skandal korupsi tersebut.

Gara-gara kasus itu, Presiden Perez telah terancam dimakzulkan. Presiden Guatemala itu telah membuat keputusan kontroversial, di mana dia memecat beberapa menteri senior dalam kabinetnya yang membuat negara itu berisiko mengalami kekacauan.

Perez adalah seorang pensiunan jenderal yang menjabat sejak 2012. Dia diprediksi tidak akan bertahan hingga awal tahun depan, terlebih Pemilu di negara itu akan digelar pada 6 September 2015.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7337 seconds (0.1#10.140)