ISIS Robohkan Biara 1.500 Tahun di Suriah dengan Buldoser

Jum'at, 21 Agustus 2015 - 17:42 WIB
ISIS Robohkan Biara 1.500 Tahun di Suriah dengan Buldoser
ISIS Robohkan Biara 1.500 Tahun di Suriah dengan Buldoser
A A A
QARYATAIN - Para militan ISIS merobohkan biara Mar Elian, sebuah biara kuno berusia 1.500 tahun di Suriah dengan buldoser. Alasannya, biara itu jadi tempat orang menyembah selain Tuhan.

Biara kuno yang dihancurkan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) itu berada di Qaryatain, dekat wilayah Homs, Suriah. Penghancuran bangunan kuno itu terjadi setelah ISIS merebut sebagian wilayah Homs dari pasukan loyalis Presiden Suriah, Bashar al-Assad pada awal bulan ini.

Sebuah akun Twitter yang terkait dengan jaringan ISIS mengunggah foto-foto kehancuran biara kuno yang dibangun tahun 342.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), ISIS juga memindahkan puluhan warga Kristen Asiria yang diculik setelah kelompok itu merebut Kota Qaryatain.

Biara Mar Elian juga merupakan tempat di mana, pemuka agama bernama Jacques Mourad yang diculik pada bulan Mei, beraktivitas. Mourad dikenal karena membantu warga Kristen dan Muslim. Dia juga pernah mempersiapkan bantuan untuk menyambut ratusan pengungsi dari Palmyra, kota kuno di Suriah yang juga diduduki ISIS.

”Itu adalah tempat ziarah penting bagi komunitas Kristen di sekitarnya,” kata Dr Nicholas al-Jeloo, seorang ahli biara Asyur di Irak, dari Universitas Melbourne,yang berbicara kepada IB Times, Jumat (21/8/2015).

Al-Jeloo mengatakan, biara itu juga jadi makam suci abad ke-4. Tetapi, struktur bangunannya rusak oleh penggalian yang dilakukan baru-baru ini.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5454 seconds (0.1#10.140)