Indonesia Apresiasi Pernyataan PM Jepang

Jum'at, 14 Agustus 2015 - 23:39 WIB
Indonesia Apresiasi Pernyataan PM Jepang
Indonesia Apresiasi Pernyataan PM Jepang
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia mengapresiasi pernyataan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe terkait tindakan negaranya selama Perang Dunia II dan pernah diungkapkan sebelumnya pada tahun 1995 dan 2005. Meski begitu, ada sejumlah hal yang patut digarisbawahi dalam pernyataan tersebut.

"Indonesia menggarisbawahi pentingnya menjaga stabilitas regional dan perdamaian dunia, juga stabilitas dalam perkembangan dunia internasional," demikian pernyataan yang dikeluarkan Kemlu lewat akun Twitter, Jumat (14/8/2015).

"Indonesia juga menyerukan kepada seluruh negara di kawasan untuk turut berkontribusi dalam menjaga perdamaian, khususnya di Asia," lanjut pernyataan Kemlu.

Sebelumnya, PM Jepang Shinzo Abe menyampaikan penyesalannya atas apa yang telah dilakukan oleh negaranya selama Perang Dunia ke-II. Hal itu diungkapkannya saat peringatan ke-70 akhir Perang Dunia ke -II.

“Jepang telah menimbulkan kerusakan tak terukur dan penderitaan terhadap orang-orang yang tidak bersalah,” kata Abe, seperti dikutip Reuters. Tetapi, kata Abe, generasi Jepang yang sekarang tidak terlibat dalam konflik, dan tidak harus dibebani dengan permintaan maaf lanjutan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7857 seconds (0.1#10.140)
pixels