Menlu Vatikan: Indonesia Contoh Terbaik Toleransi

Selasa, 11 Agustus 2015 - 21:26 WIB
Menlu Vatikan: Indonesia Contoh Terbaik Toleransi
Menlu Vatikan: Indonesia Contoh Terbaik Toleransi
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Vatikan, Kardinal Pietro Parolin, menilai Indonesia sebagai salah satu contoh terbaik dari toleransi dan perdamaian di dunia. Itu diungkapkan paska melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di Jakarta.

"Takhta suci melihat Indonesia sebagai contoh yang benar-benar sangat baik dalam hal perdamaian, hidup berdampingan, dan toleransi antar umat beragama. Hal semacam ini sangat penting saat ini, bagaimana saling menghormati satu sama lain, bagaimana saling menerima setiap perbedaan, yang menjadikan negara kalian unik," kata Parolin pada Selasa (11/8/2015).

"Lalu, menempatkan setiap perbedaan dan berusaha untuk yang terbaik, bukan untuk menunjukan bahwa kita yang benar, atau untuk berkonfrontasi dan konflik, namun untuk saling berkolborasi untuk membuat dunia yang lebih baik, dunia yang lebih terbuka untuk setiap orang," sambungnya, dalam pernyataan bersama dengan Retno.

Hal tersebut juga sempat diutarakan oleh Retno, yang menyebut bahwa Vatikan memang sangat salut dengan toleransi yang ada di Indonesia. Ini juga terlihat dalam fokus pembahasan kedua Menlu, dimana salah satu hal yang dibahas adalah mengenai dialog antara agama.

Seperti diberitakan sebelumnya, kedatangan Paroli ke Indonesia merupakan kunjungan Menlu Vatikan pertama dalam sejarah hubungan diplomatik kedua negara. Indonesia dan Vatikan sudah menjalin hubungan diplomatik sejak tahun 1950.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6125 seconds (0.1#10.140)