China Melarang 120 Lagu Promosi Seks dan Kekerasan

Selasa, 11 Agustus 2015 - 15:53 WIB
China Melarang 120 Lagu Promosi Seks dan Kekerasan
China Melarang 120 Lagu Promosi Seks dan Kekerasan
A A A
BEIJING - Pemerintah China telah melarang sebanyak 120 lagu yang dianggap berbahaya karena mempromosikan seks dan kekerasan. Sebanyak 120 lagu tersebut diperintahkan ditarik dari internet China

Salah satu lagu yang dilarang oleh Pemerintah Beijing adalah lagu dengan judul “Don't Want to Go to School” dan lagu berjudul “All Must Die”. Kedua lagu itu dianggap mempromosikan hal-hal cabul, kekerasan dan hasutan untuk melanggar hukum negara.

“Tidak ada individu atau organisasi yang diperbolehkan untuk memberikan lagu-lagu, yang melenguhkan hal cabul, kekerasan, kejahatan atau merugikan moralitas sosial,” bunyi pernyataanDepartemen Kebudayaan China yang diterbitkan hari Senin kemarin.

Sebagian besar lagu-lagu yang masuk dalam “daftar hitam” tidak diketahui nama penyanyi atau nama band-nya. Pernyataan departemen itu, mencontohkan dua lagu yang dilarang, yakni lagu berjudul “No Money No Friend” dan lagu berjudul ”Suicide Diary”.

“Daftar yang disediakan jadi target spesifik untuk organisasi pengelola internet agar melakukan sensor,” lanjut pernyataan departemen itu. “Siapa pun yang tidak mematuhi akan dihukum berat sesuai dengan hukum (yang berlaku),” imbuh pernyatan itu, seperti dikutip AFP, Selasa (11/8/2015).

Partai Komunis China selama ini gencar memblokir situs-situs yang dianggap berbahaya dan sensitif secara politik. Saking gencarnya, partai itu dijuluki “Great Firewall”.

Di masa lalu, China telah memblokir beberapa situs berita Amerika Serikat (AS), seperti New York Times, Wall Street Journal dan Bloomberg.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4370 seconds (0.1#10.140)