Dampak Topan Soudelor di Timur China, 12 Tewas

Minggu, 09 Agustus 2015 - 23:21 WIB
Dampak Topan Soudelor di Timur China, 12 Tewas
Dampak Topan Soudelor di Timur China, 12 Tewas
A A A
WENZHOU - Setelah menghantam wilayah Taiwan dan menewaskan 6 orang, Topan Soudelor juga menghantam wilayah Wenzhou, Provinsi Zhejiang, di timur China. Akibatnya, sebanyak 12 orang tewas dan 5 lainnya hilang. Demikian bunyi pengumuman yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat seperti dikutip dari Xinhua, Minggu (9/8/2015).

Menurut pejabat setempat, mereka yang tewas atau hilang kemungkinan tertimpa reruntuhan rumah atau hanyut dibawa oleh banjir. Untuk diketahui, Topan Soudelor membawa hujan deras dan menyebabkan tanah longsor dan mengakibatkan beberapa rumah ambruk pada Sabtu malam.

Topan super Soudelor merupakan yang ke-13 pada tahun ini menghantam wilayah China. Selain menghantam wilayah Wenzhou, topan berkecepatan 173 kilometer per jam dengan hembusan angin mencapai 209 kilometer per jam itu juga menghantam wilayah lainnya di China.

Topan Soudelor juga menghantam wilayah Provinsi Fujian, dan wilayah tetangganya seperti Zhejiang, Jiangxi dan Anhui. Provinsi Anhui dan Jiangsu sendiri telah mengeluarkan tanda bahaya sesaat sebelum topan Soulder datang. Selain itu, lebih dari 10.000 orang telah dievakuasi dari daerah tersebut.

Topan Soudelor juga mengakibatkan pusat kota di ibukota Provinsi Fuzhou tergenang air. Lebih dari 10.000 pohon bertumbangan dan lalu lintas menjadi macet akibat banjir.

Topan juga menyebabkan tiga bandara provinsi ditutup dengan lebih dari 530 penerbangan dibatalkan. Enam jalur kereta ditutup dan 191 jadwal keberangkatan kereta berkecepatan tinggi juga dibatalkan.

Sementara itu menurut otoritas setempat, sebanyak 163.200 orang telah dievakuasi dari wilayah pantai. Sedangkan suplai listrik untuk lebih dari tiga juta rumah tangga telah dipulihkan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3399 seconds (0.1#10.140)