Doktrin Baru Rusia: Lawan Ekspansi NATO, Lindungi Crimea dan Arktik

Senin, 27 Juli 2015 - 17:59 WIB
Doktrin Baru Rusia:...
Doktrin Baru Rusia: Lawan Ekspansi NATO, Lindungi Crimea dan Arktik
A A A
MOSKOW - Rusia baru saja merilis sebuah dokumen yang berisi doktrin-doktrin militer baru untuk menjaga wilayah maritim mereka. Doktrin tersebut dirilis setelah mendapat persetujuan dari Presiden Rusia Vladimir Putin.

Doktrin baru tersebut berisikan perluasan perlawanan terhadap ekspansi yang dilakukan NATO di Eropa dan menjaga keamanan Crimea dan Arktik.

Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin mengatakan alasan dikeluarkannya doktrin baru itu adalah sebagai pengganti doktrin lama yang dirilis tahun 2001 adalah perubahan pada kebijakan luar negeri dan konsolidasi Rusia sebagai kekuatan maritim.

"Pertama, kami menaruh perhatian terhadap perkembangan di Atlantik yang disebabkan oleh ekspansi yang dilakukan NATO, dimana aliansi tersebut mulai mendekati perbatasan kita," jelasnya.

"Pertimbangan kedua adalah Crimea dan Sevastopol yang bergabung kembali Rusia dan tugas integrasi tercepat mereka ke dalam kehidupan ekonomi negara kita. Dan tentu saja (kita harus) melanjutkan kehadiran armada kami di Mediterania," sambungnya, seperti dilansir Russia Today pada Senin (27/7/2015).

Selain itu, Rogozin juga mengatakan Rusia juga harus mulai berperan di perairan utara. Untuk turut bermain di wilayah tersebut, Rusia menurut Rogozin harus melengkapi diri dengan menambahkan pemecah es.

Dia mencatat bahwa Rusia telah melakukan pembangunan armada kapal pemecah es tenaga nuklir baru, dan menambahkan armada pertama akan mulai melaut pada tahun 2017, dan armada terakhir atau ketiga akan melaut pada tahun 2020.

"Selain itu, untuk Rusia Arktik memberikan akses tak terbatas ke Samudera Atlantik dan Pasifik. Dan tentu saja, itu adalah sebuah wilayah yang memilki kekayaan tersediri yang membutuhkan perhatian dalam perkembangannya," imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0472 seconds (0.1#10.140)