Besok, Presiden Obama Mudik ke Negara Ayah Kandungnya

Kamis, 23 Juli 2015 - 10:19 WIB
Besok, Presiden Obama...
Besok, Presiden Obama Mudik ke Negara Ayah Kandungnya
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama akan mudik ke negara asal ayah kandungnya, Kenya, besok. Menurut Gedung Putih, Obama akan menghabiskan waktu bersama anggota keluarganya di Kenya, namun tidak mengunjungi kampung ayah kandungnya di Kagelo.

Misi utama Obama ke Kenya sejatinya untuk memperkuat hubungan keamanan dan ekonomi AS dan Kenya. Tapi, lawatan Obama ke Kenya dianggap bersejarah karena merupakan kunjungan pertama Obama di Tanah Air ayah kandungnya sejak Obama jadi Presiden AS. (Baca juga: Dukun Kenya Ramal Obama Nekat Kunjungi Desa Leluhurnya)

Kenya tercatat sebagai sekutu Barat yang gencar memerangi kelompok Al Shabab Somalia yang pernah membantai 148 orang di sebuah universitas di Kenya April 2015 lalu.

”Sama seperti kebanyakan orang yang ingin tahu tentang warisan lelehur mereka, (Presiden Obama) mengunjungi Kenya untuk memberikan bagai dia menjalin hubungan pribadi,” kata Valerie Jarrett, pembantu senior keluarga Obama dalam sebuah wawancara yang dilansir Reuters, Kamis (23/7/2015).

Obama sejatinya pernah lawatan ke Kenya pada tahun 2006. Tapi, jabatannya saat itu sebagai senator AS. Obama masih berharap bisa memiliki kebebasan untuk melihat negara asal ayah kandungnya selama lawatannya besok, seperti lawatannya pada tahun 2006 silam.

”Harapan saya adalah bahwa kita dapat menyampaikan pesan jika AS adalah mitra yang kuat tidak hanya untuk Kenya, tetapi untuk Sub-Sahara Afrika pada umumnya,” kata Obama.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8695 seconds (0.1#10.140)