Inikah Fragmen Al-Quran Pertama di Dunia?

Rabu, 22 Juli 2015 - 23:24 WIB
Inikah Fragmen Al-Quran Pertama di Dunia?
Inikah Fragmen Al-Quran Pertama di Dunia?
A A A
BIRMINGHAM - Para peneliti di Universitas Birmingham, Inggris menemukan beberapa fragmen (bagian) yang diduga berasal dari kitab suci Al-Quran pertama di dunia. Fragmen Al Quran itu diperkirakan berusia sekira 1.370 tahun.

Fragmen Al-Quran itu sejatinya merupakan salah satu koleksi yang dibawa oleh Inggris dari Irak pada tahun medio 1920-an lalu. Namun, nilai asli dari bagian Al-Quran tersebut baru diketahui baru-baru ini.

Melansir Time pada Rabu (22/7/2015), fragmen manuskrip Al-Quran tersebut ditulis dalam bentuk awal bahasa Arab di atas kulit kambing, dan diperkirakan berasal dari tahun 568 sampai 645 masehi.

"Potongan-potongan tersebut mungkin dapat membawa kita ke beberapa tahun penyebaran Islam yang sebenarnya,” kata Profesor studi Kristen dan Islam dari Universitas Birmingham, David Thomas.

Namun, Thomnas masih belum bisa memastikan apakah fragmen ini adalah bagian dari Al-Quran pertama di dunia atau bukan. Sebab, berdasarkan uji karbon, belum bisa dipastikan apakah fragmen ini termasuk dalam bagian Al-Quran pertama yang ditulis oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Tapi, dirinya menyakini sang penulis adalah orang yang mungkin mengenal sosok Nabi Muhammad SAW. “Orang yang menulis manuskrip ini mungkin mengenal Nabi Muhammad SAW. Mungkin dia pernah melihat beliau, mendengar ceramahnya, bahkan mungkin mengenal beliau secara dekat, dan hal itu sangat luar biasa,” sambung Thomas.

Seperti diketahui, Nabi Muhammad SAW mulai menyebarkan Islam setelah menerima wahyu pertama pada 610 masehi hingga akhir hayatnya pada 632 masehi. Para peneliti meyakini, banyak bagian-bagian Al Quran yang ditulis terpisah di berbagai permukaan, sebelum akhirnya dikumpulkan dan dibukukan pada 650 masehi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3648 seconds (0.1#10.140)