Kisah Perempuan Budak Seks ISIS Dijadikan Film Dokumenter

Rabu, 15 Juli 2015 - 11:03 WIB
Kisah Perempuan Budak...
Kisah Perempuan Budak Seks ISIS Dijadikan Film Dokumenter
A A A
LONDON - Kisah para perempuan Yazidi yang dijadikan budak seks kelompok ISIS dijadikan film dokumenter. Film itu juga menayangkan 34 orang yang sebagian besar perempuan dan anak-anak saat melarikan diri dari cengkeraman ISIS.

Stasiun Channel4 di Inggris menayangkan adegan emosional dalam film dokumenter berjudul "Escape From ISIS". Film dokumenter ini mendokumentasikan kelompok jaringan bawah tanah yang membebaskan para perempuan Yazidi.

Para perempuan itu berjalan selama dua hari setelah delapan bulan dijadikan budak pemuas nafsu militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Film dokumenter itu juga disiarkan semalam oleh stasiun televisi PBS.

Kelompok penyelemat para perempuan Yazidi itu digerakkan oleh pengacara lokal bernama Khaleel al-Dakhi. Setahun lalu, ISIS menyerang wilayah Irak utara dan menculik lebih dari 3 ribu perempuan dari sekte minoritas Yazidi.

Direktur acara yang menayangkan film dokumenter, Edward Watts, kepada wartawan mengatakan bahwa warga Yazidi telah diperlakukan "tidak manusiawi" oleh militan ISIS, karena dituduh sebagai "penyembah setan".

Menurut Watts, para warga Yazidi yang disandera ISIS beberapa kali berhasil mengontak keluarganya untuk memberitahu bahwa mereka masih hidup.

Watts mengatakan para penyelamat warga Yazidi itu memiliki jaringan orang dalam ISIS. ”Mereka mengidentifikasi di mana gadis-gadis yang ditahan, kemudian masuk, membawa anak perempuan dan membawa mereka melintasi garis depan,” ujarnya.

Total ada sekitar 500 yang diselamatkan dari penyanderaan ISIS. Tapi, lanjut Watts, tidak semua misi penyelamatan itu berhasil. Dua orang dari tim penyelamat telah tewas akibat terkena jebakan yang dibuat militan ISIS.

”Mereka (ISIS) memiliki seorang wanita yang ditekan untuk berteriak; ‘Saya di rumah ini. Dapatkah Anda datang dan menyelamatkan saya?’ Pada kenyataannya, itu adalah jebakan,” kata Watts. ”Dua orang muncul, ISIS menangkap mereka dan mereka dilempari batu sampai tewas.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)