Polisi Italia Sita Aset Keluarga Mafia Rp23 Triliun

Kamis, 09 Juli 2015 - 14:50 WIB
Polisi Italia Sita Aset Keluarga Mafia Rp23 Triliun
Polisi Italia Sita Aset Keluarga Mafia Rp23 Triliun
A A A
ROMA - Aparat Depertemen Anti-Mafia (DIA) Kepolisian Italia telah menyita aset senilai lebih dari € 1,6 miliar (Euro) atau sekitar Rp23,6 triliun dari keluarga mafia Sisilia.

Aset dengan nilai sebesar itu disita dari keluarga lima orang yang jadi sindikat mafia terkenal di Italia tersebut. Menurut DIA, aset yang disita termasuk aset bisnis, properti hingga rekening bank.

Para anggota mafia di Italia selama ini berupaya menyembunyikan kegiatannya dari polisi. “Mereka merancang ide mengembangkan hubungan dengan kelompok-kelompok anti-pemerasan dalam upaya untuk membuat diri mereka terlihat tidak bersalah ketika sedang ditargetkan oleh penyidikan hukum pidana,” kata Kolonel Riccardo Sciuto dari DIA dalam konferensi pers, seperti dilansir AFP, Kamis (9/7/2015).

Operasi DIA dilakukan di Palermo. Wilayah itu diyakini jadi basis keluarga mafia Marineo, yang terkait dengan klan mafia Corleone.

DIA merinci total ada 33 perusahaan--terutama di bisnis semen-- 700 rumah, vila dan bangunan lain. Selain itu, 40 rekening bank dan 40 kendaraan juga disita.

Semua aset tersebut diketahui milik Carmelo Virga, 66, dan para saudaranya, yakni Vincenzo, 78, Francesco, 71, Anna, 76, dan Rosa, 68.

Orang-orang itu selama ini bekerja di sektor pertanian dan menjadi ibu rumah tangga. Tapi, DIA tidak bisa dikelabui oleh upaya mereka dalam menyembunyikan kekayaan hasil kejahatan. Menurut petugas DIA, persekongkolan tender adalah salah satu bisnis perusahaan utama mereka.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4979 seconds (0.1#10.140)