Menlu Yaman: Houthi Tak Lakukan Apapun di Jenewa

Senin, 22 Juni 2015 - 14:21 WIB
Menlu Yaman: Houthi Tak Lakukan Apapun di Jenewa
Menlu Yaman: Houthi Tak Lakukan Apapun di Jenewa
A A A
RIYADH - Menteri Luar Negeri Yaman Riyadh Yassin menyebut Houthi layaknya hantu ketika menghadiri konferensi perdamaian di Jenewa, Swiss. Menurutnya, perwakilan Houthi memang datang ke dialog damai tersebut, namun mereka tidak melakukan apa-apapun dalam dialog itu.

"Mereka (Houthi) menghabiskan sebagian besar waktu mereka di hotel selama mereka di Jenewa," kata Yassin kala melakukan wawancara dengan surat kabar Asharq al-Awsat, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (22/6/2015).

Dirinya juga mengatakan, Houthi tidak mau bekerjasama dengan pemerintah Yaman untuk mencari jalan keluar atas konflik yang terjadi di Yaman. Salah satu bentuk tidak kooperatifnya Houthi, lanjut Yassin, adalah kelompok itu menolak resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB 2216 soal Yaman.

Dalam resolusi tersebut, Houthi dan sekutu mereka, termasuk pasukan mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh harus angkat kaki dari kota-kota yang mereka duduki. Selain itu, Houthi dan sekutunya juga diharuskan menyerahkan seluruh senjata yang mereka mililki.

Sementara itu, terkait kedatangan utusan PBB smail Ould Cheikh Ahmed ke Yaman, Yassin hanya berharap ada kesepakan dengan Houthi dalam kunjungan tersebut. Namun, Yassin akan menolak jika muncul ide adanya negosiasi lanjutan antara PBB dan Houthi di luar Yaman.

"Kami telah menyarankan kepada Ahmed itu tidak melakukan negosiasi dengan Houthi di luar Yaman, karena mereka adalah kelompok bersenjata," kata Yassin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6271 seconds (0.1#10.140)