AS Akui Serang Bos Al-Qaeda Yaman

Selasa, 16 Juni 2015 - 17:33 WIB
AS Akui Serang Bos Al-Qaeda Yaman
AS Akui Serang Bos Al-Qaeda Yaman
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengakui bahwa mereka memang telah melakukan serangan terhadap bos al-Qaeda di semenanjung Arab (AQAP), Nasser al-Wuhayshi. Serangan drone itu dilancarkan pada tanggal 9 Juni lalu.

Namun, ketika disinggung apakah dalam serangan tersebut AS berhasil menewaskan Wuhayshi, salah seorang pejabat Kementerian Pertahanan AS yang berbicara dalam kondisi anonim mengatakan belum bisa memgkonfirmasinya.

"Kami masih menunggu konfirmasi di lapangan mengenai kematiannya (Wuhayshi)," kata pejabat tersebut, seperti dilansir Strait Times pada Selasa (16/6/2015). Dirinya menyebut, AS telah mengirimkan intelijen ke Yaman untuk memastikan apakah serangan yang mereka lancarakan telah menewaskan bos AQAP itu.

AQAP sendiri, seperti diberitakan sebelumnya, telah mengkonfirmasi bahwa pemimpin mereka tersebut telah tewas dalam serangan yang dilancarkan AS. Konfirmasi tersebut dikeluarkan AQAP melalui sebuah pernyataan yang diposting di dunia maya.

Wuhayshi merupakan salah satu tokoh senior dan dihormati di al-Qaeda. Wuhayshi adalah orang kepercayaan dari pemimpin al-Qaeda, Osama Bin Laden. Ia memutuskan mundur sebagai tangan kanan Osama, dan memilih untuk memimpin AQAP.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5270 seconds (0.1#10.140)