Diserbu Drone AS, Bos Al-Qaeda Yaman Tewas

Selasa, 16 Juni 2015 - 16:41 WIB
Diserbu Drone AS, Bos Al-Qaeda Yaman Tewas
Diserbu Drone AS, Bos Al-Qaeda Yaman Tewas
A A A
SANAA - Al-Qaeda di semenanjung Arab atau AQAP dalam sebuah pernyataan mengatakan, pemimpin mereka, Nasser al-Wuhayshi tewas dalam serangan yang dilancarkan AS beberapa waktu lalu. Wuhayshi adalah bos al-Qaeda kedua yang dikabarkan berhasil ditewaskan AS dalam tiga hari terakhir.

"Kami, AQAP berkabung atas tewasnya saudara kami, Abu Bashir Nasser bin Abdul Karim al-Wuhayshi. Semoga dia dapat beristirahat dengan tenang di sisi yang Maha Kuasa," kata AQAP dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (16/6/2015).

"Dia dan dua orang pejuang kami tewas dalam serangan yang dilancarkan oleh AS, semoga mereka bisa beristirahat denga tenang," sambung kelompok yang beroprasi di wilayah Yaman tersebut.

Berbeda dengan AQAP, AS justru belum mengeluarkan pernyataan apapun terkait serangan drone yang mereka lancarkan semalam tersebut. AS memang sangat jarang memberikan konfirmasi, kalau mereka telah menewaskan pemimpin al-Qaeda dalam setiap serangan yang mereka lancarkan.

Berdasarkan informasi PBB, AQAP adalah organisasi yang bertanggung jawab atas serangkaian serangan di Yaman, khususnya kepada warga dan perwakilan AS di negara tersebut. Aksi mereka yang paling terkenal adalah serangan terhadap Kedutaan Besar AS di Sanaa.

Sementara itu, Wuhayshi sendiri adalah salah satu tokoh senior dan dihormati di al-Qaeda. Sebelum memimpin AQAP, Wuhayshi adalah orang kepercayaan dari pemimpin al-Qaeda, Osama Bin Laden.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7553 seconds (0.1#10.140)