ISIS Peringati Setahun Khilafah dengan Video Epik

Jum'at, 12 Juni 2015 - 09:46 WIB
ISIS Peringati Setahun Khilafah dengan Video Epik
ISIS Peringati Setahun Khilafah dengan Video Epik
A A A
MOSUL - ISIS meluncurkan video epik untuk menandai setahun penaklukan Kota Mosul dan dideklarasikannya “khilafah” ISIS. Sejak kelompok itu dideklarasikan dengan Abu Bakar al-Baghdadi sebagai “khalifah”-nya, perang internasional terhadap ISIS pecah.

Video itu berdurasi 29 menit. Isinya berupa dokumentasi kekalahan pasukan keamanan Irak pada tahun lalu dan narasi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang sesumbar mudah untuk merebut Mosul.

”Itu tak terpikirkan bahwa itu akan jauh lebih besar dari yang direncanakan,” kata seorang narator dari video itu yang kini telah menyebar di media sosial.

Kelompok itu mulai beraksi di Irak pada 9 Juni. Beberapa hari berikutnya, pasukan ISIS telah “membanjiri” Mosul, sebuah kota di Irak yang dihuni sekitar 2 juta orang.

Munculnya video itu, sekaligus sebagai kritikan keras terhadap Amerika Serikat (AS) yang sampai saat ini tidak mampu mengalahkan ISIS. Presiden Barack Obama yang tidak ingin malu, pada Rabu lalu menyetujui pengerahan 450 tentara AS ke Anbar, Irak.

Tapi, langkah Obama itu tidak serta merta lolos dari kritikan. Ketua Parlemen AS, John Boehner, kembali mempertanyakan strategi Obama dalam perang melawan ISIS. ”Saya mendukung langkah taktis presiden, tapi di mana strategi secara menyeluruh,” katanya, seperti dilansir AFP, Jumat (12/6/2015).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6797 seconds (0.1#10.140)