Indonesia: Operasi SAR pada Rohingya Tak Ada Hambatan

Kamis, 04 Juni 2015 - 17:16 WIB
Indonesia: Operasi SAR...
Indonesia: Operasi SAR pada Rohingya Tak Ada Hambatan
A A A
JAKARTA - Operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) yang dilakukan otoritas Indonesia terhadap para pengungsi Rohingya dan Bangladesh tidak menemui hambatan.

Hal itu disampaikanDirektur Kerjasama Internasional dan Pelucutan Senjata Kementerian Luar Negeri Indonesia, Andi Rahmayanto, Kamis (4/6/2015).

"Operasi SAR berada di bawah koordinasi TNI AL dan Basarnas, sejauh ini operasi yang dilakukan belum menemukan hambatan yang berarti,” kata Andi, dalam pernyataan.

Andi melanjutkan, pihak TNI dan Basarnas belum menemukan lagi para pengungsi, baik Rohingnya ataupun Bangladesh di dekat perairan Indonesia. “Kita belum temukan lagi kapal yang terkatung-katung paling tidak 12 mil dari batas negara kita,” katanya.

Kendati demikian, lanjut dia, Indoensia tidak akan berhenti melakukan pencarian para pengungsi itu. Sebab, data UNHCR menyebut ada 25 ribu pengungsi Rohingnya yang telah eksodus dari Myanmar. Tapi, menurut data yang ada di lapangan baru ada sekitar 2.500 pengungsi terdampar di perairan Indonesia, Thailand dan Malaysia.

“Sejak 25 Mei, dari gelombang terakhir terdamparnya para pengungsi di Aceh belum kita temukan lagi, akan dicek lagi ke UNHCR,” imbuh Andi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1508 seconds (0.1#10.140)