Soal Sanksi Balasan Rusia, UE: Itu Tidak Berdasar

Minggu, 31 Mei 2015 - 13:08 WIB
Soal Sanksi Balasan...
Soal Sanksi Balasan Rusia, UE: Itu Tidak Berdasar
A A A
BRUSSELS - Uni Eropa (UE) nampaknya tidak terima dengan sanksi balasan yang dilancarkan oleh Rusia. UE menyebut, sanksi balasan yang berupa larangan untuk memasuki kawasan Rusia tersebut sebagai sesuatu yang tidak mendasar. (Baca juga: Pembalasan Rusia, 89 Politikus Eropa "Diharamkan" ke Moskow)

Kepala Kebijakan Luar Negeri UE, Federica Mogherini, dalam sebuah pernyataan mengatakan, larangan yang diterapkan Rusia bagi para pejabat UE adalah sebuah tindakan yang sembrono dan tidak dapat diterima.

"Kami menganggap kebijakan ini sebagai tindakan sewenang-wenang dan tidak dapat dibenarkan. Terlebih, tidak ada penjelasan dan transprantasi mengapa kebijakan ini diterapkan," ujar Mogherini, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (31/5/2015).

Seperti diberitakan sebelumnya, Rusia setidaknya memberlakukan larangan terbang dan berkunjung ke negara mereka bagi 89 politisi, diplomat dan ahli militer dari sejumlah negara UE. Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte menyatakan telah menerima surat resmi mengenai aksi balas dendam Rusia ini.

”Rusia kemarin menyerahkan daftar orang untuk beragam kedutaan Uni Eropa yang mungkin tidak boleh masuk ke Rusia lagi,” kata Rutte pada konferensi pers mingguan, kemarin. Selain Belanda, pemerintah Belgia dan Swedia juga telah menerima surat serupa dari Rusia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7148 seconds (0.1#10.140)