Coba Kudeta Presiden Burundi, 3 Jenderal Ditangkap

Jum'at, 15 Mei 2015 - 15:59 WIB
Coba Kudeta Presiden Burundi, 3 Jenderal Ditangkap
Coba Kudeta Presiden Burundi, 3 Jenderal Ditangkap
A A A
BUJUMBARA - Pemerintah Burundi menangkap tiga jenderal atas tuduhan mencoba melakukan kudeta terhadap Presiden Pierre Nkurunziza. Demikian disampaikan juru bicara Kepresidenan Burundi, Gervais Abayeho, Jumat (15/5/2015).

Ketiga jenderal Burundi itu ditangkap setelah pertempuran pecah di Ibu Kota Bujumbara pada Kamis kemarin. Namun, pada Jumat, pertempuran mereda dan kawasan ibu kota kembali tenang.

Presiden Nkurunziza telah berada Tanzania ketika Mayor Jenderal Godefroid Niyombare memimpin upaya untuk menggulingkannya. Presiden Burundi itu telah pulang ke negaranya pada Kamis kemarin. Dia menegaskan ibu kota sudah dikuasai pemerintah.

“Presiden dijadwalkan untuk mengatasi masalah bangsa beberapa jam setelah kedatangannya,” kata Abayeho kepada Reuters. Presiden Nkurunziza telah dihadapkan pada perpecahan di tubuh militer dan reaksi rakyatnya atas upayanya untuk kembali berkuasa di periode jabatan yang ketiga kali.

Demo besar dan kerusuhan telah terjadi di negara itu, di mana ribuan orang turun ke jalan untuk memprotes rencana Presiden Nkurunnziza untuk berkuasa lagi.

“Satu jenderal polisi dan dua jenderal ditangkap atas keterlibatan mereka dalam kudeta yang berhasil digagalkan,” imbuh Abayeho. Menurutnya, pemimpin kudeta Niyombare telah dipecat.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9743 seconds (0.1#10.140)
pixels