Vatikan Akui Palestina, Israel Meradang

Kamis, 14 Mei 2015 - 12:27 WIB
Vatikan Akui Palestina, Israel Meradang
Vatikan Akui Palestina, Israel Meradang
A A A
TEL AVIV - Pemerintah Israel meradang ketika mengetahui Vatikan telah memberikan pengakuan terhadap kedaulatan Palestina. Negeri Zionis itu mengaku sangat kecewa, dan menyebut sikap Vatikan hanya akan memperbutuk situasi di kawasan Timur Tengah.

“Kami sangat kecewa dengan sikap Vatikan. Pengakuan ini akan mempersulit Palestina untuk kembali ke meja perundingan,” ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Emmanuel Nahshon, seperti dilansir The Times of Israel, Kamis (14/5/2015).

Vatikan memang akhirnya telah secara resmi mengakui Palestina sebagai sebuah negara yang berdaulat pada awal pekan lalu. Pengakuan Vatikan tersebut tercantum dalam sebuah perjanjian yang baru saja dicapai dengan Palestina.

Buntut pengakuan ini, Nahshon mengatakan, pihaknya akan mengkaji ulang hubungan diplomatik dengan Vatikan. "Israel akan mengkaji ulang semua perjanjian dengan Vatikan,” sambungnya.

Israel memang selalu marah ketika ada sebuah negara yang memberikan pengakuan terhadap Palestina. Alasan mereka klise, pengakuan terhadap Palestina hanya akan mempersulit negosiasi damai antara Israel dan Palestina.

Sementara itu, dengan adanya pengakuan dari Vatikan, semakin menambahkan panjang daftar negara yang sudah mengakui Palestina sebagai sebuah negara. Sejauh ini sudah 137 negara, dari sekitar 200 negara yang ada di seluruh dunia yang mengakui kedaulatan Palestina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7298 seconds (0.1#10.140)