Houhti Minta Bantuan PBB untuk Setop Serangan Saudi

Minggu, 03 Mei 2015 - 16:59 WIB
Houhti Minta Bantuan PBB untuk Setop Serangan Saudi
Houhti Minta Bantuan PBB untuk Setop Serangan Saudi
A A A
SANAA - Pemberontak Houthi meminta bantuan ke PBB untuk mendesak Arab Saudi dan sekutunya agar menghentikan serangan ke wilayah Yaman. Houhti menyebut apa yang dilakukan Saudi dan sekutunya adalah sebuah agresi, dan harus segera dihentikan.

Dalam sebuah surat, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (3/5/2015), Houthi berharap adanya peran aktif PBB untuk membantu mengakhiri serangan dan konflik di Yaman. Dalam suratnya, Houhti menyatakan tidak ada satupun alasan yang bisa membenarkan tindakan yang dilakukan Saudi dan sekutunya di Yaman.

"Kami ingin menekankan situasi yang suram dan tragis yang diakibatkan oleh agresi terang-terangan yang dilakukan Saudi pada negara dan rakyat kami," bunyi surat yang ditulis pejabat hubungan luar negeri gerakan Houthi, Hussein al-Ezzi, yang ditujukan kepada Sekjen PBB.

"Kami menanti peran aktif Anda dalam hal kemanusiaan, untuk mengakhiri agresi Saudi terhadap rakyat kami tanpa pembenaran atau alasan apapun," sambungnya. Dalam surat itu juga disebutkan wilayah mana saja yang hancur akibat serangan yang dilancarkan oleh Saudi.

Konflik di Yaman sendiri, berdasarkan data yang dirilis oleh PBB telah memakan setidaknya 600 korban jiwa, dimana mayoritas diantara mereka adalah warga sipil. Setidaknya 2.200 orang juga turut menjadi korban luka akibat konflik di Yaman, dan lebih dari 100 ribu orang mengungsi sejak konflik di wilayah tersebut pecah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3624 seconds (0.1#10.140)