Soal Yaman, Saudi Disebut Salah Strategi

Minggu, 29 Maret 2015 - 20:01 WIB
Soal Yaman, Saudi Disebut Salah Strategi
Soal Yaman, Saudi Disebut Salah Strategi
A A A
TEHERAN - Mantan wakil Menteri Luar Negeri Iran, Morteza Sarmadi menilai kebijakan yang diambil Arab Saudi dan sekutunya terhadap Yaman adalah sebuah kebijakan yang salah. Menurutnya, konflik di Yaman adalah konflik internal, sehingga tidak sepantasnya bagi Saudi untuk ikut campur dalam masalah itu.

Dirinya juga mengatakan, cara satu-satunya untuk bisa menyelesaikan masalah di Yaman adalah melalui dialog nasional. Penggunaan kekuatan militer, menurut Sarmadi, hanya akan memperburuk kondisi di negara tersebut.

"Apa yang terjadi di Yaman merupakan bagian dari masalah dalam negeri, dan harusnya semua pihak harus berusaha untuk membawa semua kelompok politik di Yaman lebih dekat, sehingga masalah ini bisa diselesaikan melalui dialog," ucapnya, seperti dilansir Iran Daily pada Minggu (29/3/2015).

Pejabat Iran itu juga memperingatkan, intervensi militer di Yaman hanya akan lebih meningkatkan ekstremisme dan terorisme di negara Arab. "Serangan terhadap Yaman bisa menimbulkan ancaman bagi negara-negara lainnya di kawasan, terutama yang rentan terhadap aksi terorisme," tambahnya.

Iran memang menjadi salah satu negara yang paling vokal dalam menentang agresi militer yang dilakukan Saudi dan sekutunya terhadap Yaman. Beberapa pihak berpendapat, Iran melakukan ini karena mereka adalah sekutu dekat dari pemberontak Houthi yang saat ini menguasai Yaman.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4773 seconds (0.1#10.140)