Obama Bantah Punya Masalah Pribadi dengan Netanyahu

Rabu, 25 Maret 2015 - 13:06 WIB
Obama Bantah Punya Masalah Pribadi dengan Netanyahu
Obama Bantah Punya Masalah Pribadi dengan Netanyahu
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) membantah memiliki masalah pribadi dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Menurutnya, masalah yang terjadi antara dirinya dan Netanyahu adalah masalah substantif semata.

"Ketidaksepakatan dengan Perdana Menteri Netanyahu mengenai bagaimana mengejar kesepakatan perdamaian Timur Tengah itu substantif, bukan pribadi," ucap Obama dalam sebuah pernyataan.

Obama, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (25/3/2015) menyatakan, hubunganya dengan Netanyahu layaknya hubungan dua orang pengusaha. "Dia mewakili kepentingan negaranya dengan cara yang dia pikir perlu, dan saya melakukan hal yang sama. Jadi masalah ini bukanlah masalah hubungan antara para pemimpin," ucapnya.

"Masalahnya sangat jelas, tantangan substantif. Kami percaya bahwa solusi dua negara adalah jalan terbaik bagi keamanan Israel, aspirasi Palestina dan stabilitas regional. Itu pandangan kami dan itu terus menjadi pandangan kami. Netanyahu memiliki pendekatan yang berbeda," tambahnya.

Hubungan AS dan Israel sedikit renggang paska pemilhan umum di Negara Zionis tersebut. Ini bermula saat Netanyahu, yang kembali memenangkan pemilu mengatakan tidak akan melanjutkan negosiasi damai dengan Palestina, yang membuat AS kecewa.

AS bahkan mengancam, jika Netanyahu tetap tidak mau melanjutkan negosiasi tersebut, maka AS akan merevisi kebijakan luar negeri terkait Israel, salah satunya mencabut dukungan terhadap Israel di semua forum internasional, termasuk di dalamnya PBB.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3251 seconds (0.1#10.140)