Seteru dengan Rusia, Uni Eropa Didesak Bikin Tentara Sendiri

Selasa, 10 Maret 2015 - 17:32 WIB
Seteru dengan Rusia, Uni Eropa Didesak Bikin Tentara Sendiri
Seteru dengan Rusia, Uni Eropa Didesak Bikin Tentara Sendiri
A A A
BRUSSELS - Kepala Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker, mendesak pembentukan tentara Uni Eropa. Desakan itu menyusul perseteruan Uni Eropa dengan Rusia yang semakin memanas.

Menurutnya, tentara Uni Eropa nantinya bisa ditempatkan di luar perbatasan blok untuk membela Eropa. Hal itu disampaikan Juncker dalam wawancaranya dengan media Jerman, Welt am Sonntag.

”Anda tidak akan membuat pasukan Eropa untuk segera menggunakannya,” katanya. ”Tapi tentara umum di antara orang-orang Eropa akan menyampaikan ke Rusia bahwa kita serius tentang prinsip mempertahankan nilai-nilai Uni Eropa,” katanya lagi yang dilansir Selasa (10/3/2015).

Keuntungan Uni Eropa membuat tentara sendiri, katanya, bisa menghemat anggaran militer. Sebab, anggaran itu disokong 28 negara anggota blok Uni Eropa.

”Tentara seperti itu akan membantu kami merancang kebijakan luar negeri dan keamanan bersama," kata mantan Perdana Menteri Luksemburg itu. Namun, peran tentara Uni Eropa itu nantinya tidak harus menantang peran pasukan NATO.

Image Eropa telah menderita secara dramatis dan juga dalam hal kebijakan luar negeri, kita tampaknya tidak diambil serius,” ujarnya mengacu pada pandangan Rusia yang mengabaikan Uni Eropa.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4200 seconds (0.1#10.140)