Mesir Minta Mandat PBB untuk Serang Basis ISIS

Selasa, 17 Februari 2015 - 21:24 WIB
Mesir Minta Mandat PBB untuk Serang Basis ISIS
Mesir Minta Mandat PBB untuk Serang Basis ISIS
A A A
KAIRO - Pemerintah Mesir mendesak Dewan Keamanan (DKK) PBB untuk memberikan mandat kepada mereka dan juga koalisi internasional untuk bisa menyerang basis ISIS di Libya. Mesir sempat diprotes Libya karena menyerang wilayah Libya tanpa izin.

Serangan udara ke basis ISIS di wilayah Libya dilancarkan Mesir tidak lama setelah ISIS merilis video eksekusi puluhan warga Kristen Mesir.

“Tidak ada pilihan lain, dengan mempertimbangkan persetujuan warga Libya dan pemerintahnya, kami rasa mereka memanggil kami untuk bertindak,” ujar Presiden Mesir, Abdel Fatah el-Sisi dalam sebuah pernyataan.

Namun Sisi menegaskan, jika memang diperlukan, Mesir akan kembali melakukan serangan ke wilayah Libya walaupun belum ada mandat dari ISIS. "Kita perlu melakukannya lagi, dan kali ini kita akan melakukannya bersama-sama,” imbuhnya, seperti dilansir Reuters, Selasa (17/2/2015).

Pemerintah Libya menyebut serangan yang dilakukan Mesir terhadap ISIS di wilayah mereka sebagai bentuk pelanggaran terhadap kedaulatan mereka. Libya dengan tegas mengecam aksi sepihak yang dilakukan Mesir tersebut.

Mesir sendiri, sebelumnya mengatakan berhak untuk melakukan serangan tersebut. Karena, dalam pandangan mereka, serangan yang dilakukan adalah bentuk pertahanan diri terhadap ISIS, dan bukan serangan terhadap sebuah negara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6426 seconds (0.1#10.140)