Lembaga Fatwa Mesir: Charlie Hebdo Lakukan Provokasi

Selasa, 13 Januari 2015 - 22:06 WIB
Lembaga Fatwa Mesir: Charlie Hebdo Lakukan Provokasi
Lembaga Fatwa Mesir: Charlie Hebdo Lakukan Provokasi
A A A
KAIRO - Lembaga Fatwa di Mesir, Dar al-Ifta, angkat bicara terkait kartun Nabi Muhammad baru yang diterbitkan oleh Charlie Hebdo. Mereka mengecam keras penerbitan kartun tersebut, dan menyebut tindakan tersebut sebagai aksi provokasi kepada umat Muslim di seluruh dunia.

"Tindakan ini merupakan provokasi yang tidak bisa dibenarkan terhadap perasaan 1,5 miliar umat Muslim di seluruh dunia," kata Dar al-Ifta dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (13/1/2015).

"Edisi terbaru surat kabar itu akan menimbulkan gelombang baru kebencian di masyarakat Prancis dan Barat. Apa yang surat kabar itu lakukan tidak sejalan dengan ko-eksistensi dan dialog budaya, seperti yang diharapkan oleh umat Muslim," imbuhnya.

Dar al-Ifta juga menyerukan kepada seluruh umat Muslim di dunia agar mengutuk segala macam aksi kekerasan yang mengatasnamakan Islam, dan menyerukan untuk menghormati kebebasan berpendapat. "Di sisi lain, kami juga menginginkan mereka menghormati Nabi kami, karena Nabi Muhammad adalah sosok yang sangat dincintai umat Muslim," tambahnya.

Dalam edisi terbaru yang dilucurkan Charile Hebdo, mereka membuat gambar kartun Nabi Muhammad yang ditampilkan memegang tanda bertuliskan ”Saya Charlie". Di atasnya ditambakan kata-kata; ”Semua dimaafkan”. Pengacara majalah satir itu, Richard Malka, mengatakan kepada radio Prancis, bahwa edisi terbaru majalah itu penting untuk menunjukkan kepada kru majalah bahwa mereka tidak akan menyerah pada para ekstrimis.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5175 seconds (0.1#10.140)