Adik Kim Jong-un, Warna Baru Rezim Korut

Jum'at, 28 November 2014 - 10:07 WIB
Adik Kim Jong-un, Warna Baru Rezim Korut
Adik Kim Jong-un, Warna Baru Rezim Korut
A A A
PYONGYANG - Kim Yo-jong, adik dari ditaktor muda Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, kini jadi warna baru dalam rezim yang menguasai negara itu.

Sang “putri” Korut itu kini menjabat petinggi Partai Pekerja, partai berkuasa di Pyongyang. Media Pemerintah Korut, KCNA, mengonfirmasi bahwa Kom Yo-jong, 27, memang bergerak mendekati pusat kekuasaan di Korut.

Jabatan adik ditaktor muda Korut itu adalah wakil kepala propaganda partai yang menangani penyamapian pesan ideologi melalui media, seni dan budaya.

Sosok Kim Jo-yong tak kalah misteriusnya dengan kakaknya. Oleh para pembelot Korut, beberapa waktu lalu, dia diisukan mengambil alih kekuasaan Korut ketika Kim Jong-un mendadak menghilang dari publik selama satu bulan lebih. Hal itu sempat memicu spekulasi telah terjadi kudeta di Korut.

Badan intelijen Korea Selatan (Korsel) kemudian melansir informasi, bahwa menghilangnya Kim Jong-un, 31, diduga karena dia menjalani operasi pergelangan kaki kiri, setelah sebelumnya Jong-un berjalan pincang.

Sumber intelijen Korsel, menyatakan jabatan terbaru adik Jong-un itu setara dengan perdana menteri. Sumber itu kepada media Korsel, JoongAng Ilbo, mengatakan pengangkatan adik Jong-un dalam posisi tinggi di Korut, sebenarnya sudah terjadi pada April 2014 sebelum Jong-un mengalami cedera.

”Semua jalan menuju pada Kamerad (putri) Yo- jong,” ujar sumber itu, seperti dikutip Reuters, Jumat (28/11/2014).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4643 seconds (0.1#10.140)