Singapura Setuju Investasi Bidang Maritim di Indonesia

Kamis, 27 November 2014 - 13:45 WIB
Singapura Setuju Investasi Bidang Maritim di Indonesia
Singapura Setuju Investasi Bidang Maritim di Indonesia
A A A
JAKARTA - Pemerintah Singapura setuju meningkatkan investasinya di Indonesia, termasuk berinvestasi di bidang maritim.

Kesepakatan itu terjadi setelah Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Singapura K. Shanmugam di Singapura pada Rabu kemarin.

Kedua Menlu sepakat untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi. Secara khusus, Singapura juga setuju untuk berinvestasi di Indonesia di biadang maritim. Ekspor sayur dan buah Indonesia ke Singapura juga akan ditingkatkan.

Kedua Menlu juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama pelatihan diplomat. “Sebagai tindak lanjut, dalam dua minggu ini Menlu Singapura akan berkunjung ke Indonesia,” demikian keterangan tertulis Kemlu yang diterima Sindonews.com, Kamis (27/11/2014).

Salah satu agenda kunjungan Menlu Singapura ke Indonesia nanti adalah pembahasan soal kerja sama pemuda dan olahraga. Sedangkan kerja sama di bidang tenaga kerja akan menyusul.

Singapura selama ini menjadi mitra Indoneisa di berbagai bidang. Total perdagangan bilateral kedua negara mencapai US$ 42,26 miliar di tahun 2013, menjadikan Singapura sebagai mitra dagang ketiga terbesar bagi Indonesia.

Sedangkan pada tahun lalu, investasi Singapura di Indonesia mencapai US$ 4,67 miliar. Hubungan dan kerja sama bilateral kedua negara sebenarnya sudah terjalin sejjak tahun 1996.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4241 seconds (0.1#10.140)