AS Berencana Kirim Ratusan Tank ke Eropa Timur

Rabu, 26 November 2014 - 23:14 WIB
AS Berencana Kirim Ratusan Tank ke Eropa Timur
AS Berencana Kirim Ratusan Tank ke Eropa Timur
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dikabarkan sedang merencanakan untuk mengirim ratusan tank dan kendaraan lapis baja ke wilayah Eropa timur pada awal tahun depan. Menurut seorang petinggi militer AS, Jenderal Ben Hodges, pengiriman ini merupakan bagian dari misi AS di Eropa.

“Pasukan AS, beserta setidaknya 150 tank dan kendaraan lapis baja akan dirim ke Eropa timur. Pasukan tersebut akan kembali setelah selesai melatih pasukan militer setempat. Namun, peralatan militer akan tetap ditinggal,” ucap Hodges.

Melansir Sputnik, Rabu (26/11/2014), Hodges menyatakan, operasi yang dinamakan Atlantic Resolve ini bertujuan untuk membantu para sekutu AS dan juga memberikan jaminan kepada sekutu AS yang negaranya berdekatan dengan Rusia.

“Kami berusaha memberikan jaminan kepada para sekutu kami di Eropa yang merasa terancam akan adanya agresi militer yang dilakukan oleh Rusia,” ucapnya. Tank-tank itu rencannya akan ditempatkan di Jerman, dan beberapa negara yang terdapat pangkalan NATO di dalamnya.

Sejak pertengahan tahun, AS sendiri sudah mengirimkan setidaknya 50 tank dan kendaraan lapis baja lainnya ke wilayah Eropa timur. Tank dan kendaraan lapis baja tersebut ditempatkan AS di wilayah Polandia dan Latvia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3084 seconds (0.1#10.140)