Langka, Korut Bebaskan Warga AS

Rabu, 22 Oktober 2014 - 12:20 WIB
Langka, Korut Bebaskan Warga AS
Langka, Korut Bebaskan Warga AS
A A A
PYONGYANG - Pemerintah Korea Utara (Korut) mengambil sebuah kebijakan langka dengan membebaskan satu dari tiga warga Amerika Serikat (AS) yang mereka tahan. Jeffrey Fowle (56) dibebaskan oleh pemerintah Korut semalam, dan langsung dijemput oleh pemerintah AS.

Melansir Channel News Asia, Rabu (22/10/2014), Fowle yang ditangkap oleh Korut awal tahun lalu, dijemput oleh pesawat pribadi milik Pentagon. “Dirinya dalam keadaan sehat, dan sudah diizinkan untuk meninggalkan Korut,” ucap juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest.

“Dia sudah dalam perjalanan pulang ke AS saat ini,” tambahnya. Menurut Earnest, Pyongyang hanya memberikan sedikit waktu bagi AS bila ingin menjemput Fowley, itulah alasan mengapa AS mengirimkan pesawat milik pentagon untuk menjemputnya.

Seorang juru bicara Gedung Putin lainnya, Marie Harf menyatan Fowley terlebih dahulu akan diterbangkan menuju Guam, sebelum dibawa kembali ke AS. Dirinya juga belum mau memberikan keterangan terkait dua warga AS lainnya yang masih ditahan Korut.

Sementara itu, ahli Korea Utara dari Center for Strategic and International Studies, Victor Cha menyatakan, apa yang dilakukan oleh Korut ini terbilang sangat mengejutkan, “Korut memiliki pendekatan yang sangat kaku dalam hal pembebasan tahanan, jadi ini sangat mengejutkan,” ucap Cha.

"Pembebasan Fowley juga bisa menawarkan harapan untuk dua warga AS lainnya yang saat ini masih dalam penahanan Korea Utara, tapi kita tidak pernah tahu apakah Korut akan kembali menunjukan fleksibilitasnya kembali," Cha menambahkan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4715 seconds (0.1#10.140)