Ebola Bisa Musnahkan Satu Generasi di Afrika Barat

Senin, 20 Oktober 2014 - 19:56 WIB
Ebola Bisa Musnahkan Satu Generasi di Afrika Barat
Ebola Bisa Musnahkan Satu Generasi di Afrika Barat
A A A
MONROVIA - Penyebaran virus Ebola yang sangat cepat dinilai oleh Presiden Liberia, Ellen Johnson Sirleaf bisa menyebabkan satu generasi di Afrika Barat musnah. Sirleaf menyatakan, virus Ebola bukan hanya mempengaruhi masyarakat dari sisi kesehatan, melainkan juga sisi eknonomi.

Sirleaf menyebut, akibat Ebola, saat ini pereknonomian negaranya mengalami kemunduran yang luar biasa. Melansir Al Jazeera, Senin (20/10/2014), virus tersebut telah membuat banyak pihak takut untuk melakukan perjalanan, atau mendapatkan barang dari negara-negara sumber penyebaran Ebola.

“Di Afrika Barat, satu generasi anak muda bisa saja hilang akibat bencana ekonomi yang ditimbulkan, di mana pasar-pasar tutup, gagal panen, dan mungkin saja beberapa negara akan menutup diri dari kita,” ucap Presiden peraih hadiah Nobel perdamaian tersebut saat menjabarkan dampak Ebola pada ekonomi Afrika barat.

"Virus ini telah menyebar dengan begitu cepat karena kurangnya sumber daya medis yang kita miliki, layanan darurat dan militer kami juga tidak cukup kuat untuk bisa menghadapi penyebaran virus ini,” ungkap Sirleaf.

Menurutnya, bukanlah sebuah kebetulan jika Liberia, Gueinia dan Siera Leon menjadi sarang penyebaran Ebola. Ketiga negara tersebut, menurut Sirleaf sedang dalam proses memperbaiki diri paska perang yang berkecamuk.

“Sebelum perang kami memiliki lebih dari 3.000 dokter dan personel kesehatan. Kini, setelah perang berkahir 11 tahun yang lalu, kami hanya memiliki 36 staff kesehatan dan dokter,” ucapnya. Sirleaf menguraikan harapan agar seluruh dunia mau membantu mereka memerangi virus ini, karena tanpa bantuan dari luar, Liberia mungkin akan habis oleh Ebola.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4871 seconds (0.1#10.140)