10.000 Pasukan ISIS Siap Serang Baghdad

Senin, 13 Oktober 2014 - 08:42 WIB
10.000 Pasukan ISIS Siap Serang Baghdad
10.000 Pasukan ISIS Siap Serang Baghdad
A A A
BAGHDAD - Seorang pejabat senior di Irak menyatakan, saat ini setidaknya terdapat 10 ribu anggota ISIS yang bertempur di beberapa wilayah yang dekat dengan Baghdad, Irak. Menurutnya, tujuan utama ISIS adalah menyerang ibu kota negara tersebut.

Melansir Al Arabiya, Senin (13/10/2014), kekhawatiran ini muncul setelah semakin banyaknya wilayah di sekitar Baghdad yang dikauasi oleh ISIS. Sabah al-Karhout, Presiden Dewan sementara Anbar, tidak membantah bahwa banyak wilayahnya yang sudah berhasil dikuasai oleh ISIS.

“Sebagian besar wilayah kami yang berdekatan dengan Baghdad saat ini sudah dikuasai oleh ISIS,” ungkap al-Karhout. Pertempuran di wilayah itu masih terus berkobar setiap harinya, yang membuat pasukan kemanan kewalahan menghadai tekanan dari ISIS.

Banyak pihak menyatakan, bila seluruh Anbar berhasil jatuh ke tangan ISIS, maka Baghdad berada dalam ancamanan besar. Hal Ini akan membukan jalan yang amat lebar bagi ISIS untuk melkukan serangan ke Baghdad.

Amerika Serikat (AS) yang diharapkan oleh Irak untuk membantu mereka dalam memerangi ISIS nampaknya tidak akan pernah mengirimkan pasukan darat mereka ke wilayah Anbar. Pasalnya, dua kota terbesar di Anbar, yakni Ramadi dan Falujjah dikenal sebagai kuburan pasukan AS, karena banyak pasukan AS yang tewas di wilayah tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3571 seconds (0.1#10.140)