Begini Suasana Hidup di 'Ibukota' ISIS di Suriah

Kamis, 25 September 2014 - 12:52 WIB
Begini Suasana Hidup di Ibukota ISIS di Suriah
Begini Suasana Hidup di 'Ibukota' ISIS di Suriah
A A A
RAQQA - Seorang wanita pemberani di Suriah berhasil merekam suasana kehidupan di jantung Kota Raqqa yang dianggap sebagai “ibukota” ISIS di Suriah. Wanita itu merekam dengan kamerea tersembunyi di bawah niqab.

Hasil rekaman itu tersebar dan salah satunya telah disiarkan stasiu televisi France2. Dengan kamera tersembunyi, wanita yang identitasnya dirahasiakan dengan alasan keselamatan, itu berhasil merekam kehidupan sekilas orang-orang asing yang tinggal di Raqqa, yang dikuasai kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Salah satu rekaman menunjukkan seorang wanita berjalan dengan anaknya ke taman bermain sambil membawa senapan di punggungnya.

Dari video itu pula, tampak jalan-jalan di Raqqa dipenuhi para pria dan wanita bersenjata. Para wanita penghuni kota itu juga mengenakan niqab atau kain penutup wajah.

Aksi berani wanita Suriah itu nyaris terbongkar. Sebab, dalam satu kesempatan niqab yang dia kenakan agak terbuka dan dilihat para pria asing yang diduga militan ISIS.

Seorang pria asing yang naik kendaraan memanggilnya dan menegurnya, agar dia berperilaku lebih baik. Wanita itu berpura-pura tidak tahu dan bertanya alasan mengapa dia ditegur. Pria itu pun menjawabnya.

“Kami melihat wajah Anda. Anda harus memperhatikan dengan menutupi. Tuhan mengasihi wanita yang tertutup,” bunyi teguran pria asing itu.

Dalam kesempatan lain, wanita Suriah itu juga merekam kehidupan beberapa wanita Prancis yang memutuskan untuk pindah ke Raqqa. “Ini adalah wanita yang diam-diam menyuting sambil mempertaruhkan hidupnya,” demikian laporan stasiun televisi France2, semalam.

”Sambil mengenakan niqab hitam yang wajib dipakai, wanita itu berjalan-jalan ke Kota Raqqa, di mana para jihadis memaksakan hukum mereka sejak Maret lalu. Ada orang-orang bersenjata di mana-mana. Kadang-kadang, bahkan ada perempuan (mengenakan) niqab dan membawa senapan (AK-47).”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8028 seconds (0.1#10.140)