Saudi Penggal Pria Pakistan Penyelundup Narkoba

Jum'at, 19 September 2014 - 17:50 WIB
Saudi Penggal Pria Pakistan Penyelundup Narkoba
Saudi Penggal Pria Pakistan Penyelundup Narkoba
A A A
RIYADH - Aparat Arab Saudi pada Kamis memenggal pria Pakistan yang dituduh menyelundupkan narkoba jenis heroin ke kerajaan Arab Saudi.

Demikian keterangan Kementerian Dalam Negeri Saudi. Menurut kementerian itu, lebih dari 50 orang dieksekusi tahun ini.

“Sanaullah Mohammed Amir dieksekusi di kawasan Provinsi Qatif, hari ini (kemarin) karena ia mencoba menyelundupkan sejumlah besar heroin ke negara ini,” bunyi pernyataan kementerian tersebut yang dilansir kantor berita pemerintah Saudi.

Pemenggalan terhadap Amir atas perintah kerajaan sesuai putusan banding dan putusan pengadilan tertinggi di Saudi.

Ekesekusi itu dikritik pelapor khusus PBB yang menyerukan kepada Saudi untuk segera menerapkan moratorium eksekusi.

”Meskipun ada beberapa desakan dari kelompok hak asasi manusia, Arab Saudi terus melaksanakan eksekusi mengerikan dan mengabaikan standar hukum internasional,” kata Christof Heyns, pelapor khusus PBB tentang ekstra judisial, atau eksekusi sewenang-wenang.

”Eksekusi sangat tidak adil. Tergugat sering tidak diperbolehkan bertemu pengacara dan vonis mati diberlakukan menyusul pengakuan tergugat yang sebenarnya didapatkan dari penyiksaan selama interogasi,” lanjut dia.

Selain kasus narkoba, menurut Emirates247, Jumat (19/9/2014), hukuman mati juga diterapkan untuk kasus pemerkosaan, pembunuhan, kemurtadan, dan perampokan bersenjata.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3564 seconds (0.1#10.140)