Pasukan Kurdi Berhasil Rebut 14 Desa dari Tangan ISIS

Senin, 15 September 2014 - 22:23 WIB
Pasukan Kurdi Berhasil Rebut 14 Desa dari Tangan ISIS
Pasukan Kurdi Berhasil Rebut 14 Desa dari Tangan ISIS
A A A
DAMASCUS - Pasukan Kurdi Suriah dikabarkan membuat sebuah gebrakan dengan berhasil merebut belasan desa dari tangan ISIS. Ini merupakan prestasi besar dan kemajuan dalam proses mengalahkan kelompok radikal tersebut.

Melansir Xinhua, Senin (15/9/2014), Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) dilaporkan berhasil merebut 14 desa di utara Provinsi al-Qamishli, yang berada di Suriah. Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, 14 desa itu berhasil direbut setelah melalui pertempuran sengit.

“Kemenangan itu datang setelah terjadi pertempuran intens di provinsi yang didominasi kaum Kurdi,” ungkap Observatorium dalam sebuah pernyataan. “Hingga saat ini di beberapa desa pertempuran sengit masih terjadi,” tambah kelompok itu.

Warga Kurdi di Suriah, yang mayoritas tinggal di wilayah utara, dalam beberapa bulan terakhir ini terus tertekan oleh ISIS yang mencoba merebut wilayah Kurdi. “ISIS kerap menyerang warga Kurdi di Suriah untuk bisa merebut semua desa di utara Suriah,” ungkap Observatorium.

Jumlah penduduk Kurdi di Suriah sendiri berjumlah 15 persen dari total penduduk Suriah yang berjumlah 23 juta jiwa. Rakyat Kurdi sudah menjalani serangkaian pertempuran, sebelum melawan ISIS, di mana pasukan Kurdi berperang dengan pemberontak Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3368 seconds (0.1#10.140)