Korban Tewas Invasi Israel Dekati 900 Jiwa

Sabtu, 26 Juli 2014 - 13:53 WIB
Korban Tewas Invasi Israel Dekati 900 Jiwa
Korban Tewas Invasi Israel Dekati 900 Jiwa
A A A
GAZA - Sebelum gencatan senjata antara Hamas dan Israel pada hari ini, jumlah korban invasi Israel di Jalur Gaza sejak 8 Juli 2014 hingga semalam mendekati 900 jiwa.

Israel bahkann sudah berencana untuk memperluasa perang darat di Gaza, sebelum gencatan senjata selama 12 jam itu disetujui. (Baca: Israel dan Hamas Gencatan Senjata 12 Jam)

Data resmi otoritas medis Gaza mencatat total korban tewas selama invasi Israel mencapai 879 jiwa.Semula, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan kabinet keamanannya menolak proposal untuk gencatan senjata di Jalur Gaza.

Namun, atas desakan para menteri luar negeri dari berbagai negara, terutama Amerika Serikat, Netanyahu akhirnya setuju untuk gencatan senjata sementara.

Menteri Pertahanan Israel, Moshe Yaalon, juga sempat mengatakan bahwa pemerintah Israel menyiapkan rencana untuk memperluas perang darat di Gaza.

”Anda harus siap untuk kemungkinan bahwa kita akan menginstruksikan militer Israel untuk secara signifikan memperluas operasi darat di Gaza,” kata Yaalon dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan kantornya, seperti dikutip Reuters, Sabtu (26/7/2014).

Semalam, serangan udara Israel menghancurkan 30 rumah di Gaza. Invasi besar-besaran itu berselang beberapa jam setelah demonstrasi besar di Tepi Barat, di mana para demonstran menyerukan “hari kemarahan”.

Laporan lain, di Khan Younis, Gaza selatan, menyebut delapan warga Palestina tewas akibat serangan udara Israel di wilayah itu. Empat dari para korban tewas adalah anak-anak.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4362 seconds (0.1#10.140)