Antara 9 Warga Israel Luka dan 112 Rakyat Palestina Tewas

Sabtu, 12 Juli 2014 - 10:01 WIB
Antara 9 Warga Israel Luka dan 112 Rakyat Palestina Tewas
Antara 9 Warga Israel Luka dan 112 Rakyat Palestina Tewas
A A A
GAZA - Data ironi dalam konflik Hamas, Palestina, dengan Israel membuat Komisi Hak Asasi Manusia PBB tidak bisa berkata banyak. Sebab, data perbandingan jumlah korban sangat jauh, di mana pihak Palestina ada 112 korban tewas, sedangkan pihak Israel hanya 9 orang terluka.

Komisaris HAM PBB, Navy Pillay, mengatakan, menurut hukum internasional, Israel harus memastikan serangannya yang proporsional menghindari kematian warga sipil. Namun, dia Pillay kaget menerima laporan bahwa banyak warga sipil Palestina di Jalur Gaza ikut jadi korban invasi Israel.

”Kami telah menerima laporan sangat mengganggu, bahwa banyak korban sipil, termasuk anak-anak, akibat dari serangan (Israel) di rumah-rumah,” kata Pillay.

Namun, Israel berkilah bahwa warga sipil Palestina bukan target dari operasi militer bertajuk “Operation Protective Edge” itu. ”Ini bukan operasi dalam kapasitas terhadap rakyat Gaza. Ini adalah operasi terhadap Hamas, kami melawan sebuah organisasi yang sengaja dan secara khusus menggunakan penduduk sipil Gaza sebagai tameng manusia,” kata Libi Vice, juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IFD), kepada Russia Today, yang dilansir Sabtu (12/7/2014).

”Kami melakukan upaya terbatas untuk melindungi penduduk sipil di Jalur Gaza sebelum serangan terhadap Hamas. Kami mengambil langkah-langkah yang berlaku di militer kami atau di negara lain. Meliputi pengiriman pesan teks kepada orang-orang di daerah-daerah sipil, dan panggilan telepon ke rumah mereka,” ujar Vice.

Juru bicara Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), mengatakan, wilayah Gaza mengalami kehancuran luar biasa. ”Lebih dari 340 unit rumah di Gaza telah rusak parah atau hancur Akibatnya, lebih dari 2.000 orang telah mengungsi,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3507 seconds (0.1#10.140)