Rakyat Gaza Berjatuhan, PBB hingga Negara-negara Arab Bungkam

Kamis, 10 Juli 2014 - 12:39 WIB
Rakyat Gaza Berjatuhan, PBB hingga Negara-negara Arab Bungkam
Rakyat Gaza Berjatuhan, PBB hingga Negara-negara Arab Bungkam
A A A
GAZA - Invasi Israel di Jalur Gaza selama tiga hari terakhir ini telah menelan korban jiwa hingga 72 warga Palestina. PBB, Amerika Serikat, Eropa hingga negara-negara Arab disindir Palestina yang bungkam dan pasif saat rakyat di Gaza dibombardir Israel.

Sindiran itu disampaikan pemimpin politik Hamas, Khaled Meshaal. ”Saya bertanya kepada pemerintah Amerika, Eropa, PBB dan tetangga-tetangga Arab kami: Apakah rakyat Palestina seharusnya istirahat dan menyerah menghadapai kematian yang lambat laun?,” kata Meshaal.

”Apa yang tersisa dari tanah kami dan situs suci kami? Apa kehidupan yang tersisa (dari kami)?,” kata Meshaal lagi.

Sindiran itu muncul, setelah PBB tidak bersikap melihat agresi Israel yang berlangsung dari Selasa hingga hari ini (10/7/2014). Meshaal, mengatakan Israel telah memanipulasi informasi dengan mengkambinghitamkan Hamas dalam konflik yang pecah di Gaza sejak 2012.

”Seolah-olah kita (Hamas) mulai membuat masalah di Gaza,” katanya. ”Seolah-olah roket ditembakkan dari Gaza sehingga musuh Zionis terpaksa menanggapinya. Ini tidak benar,” bantah Meshaal.

Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, mengutuk tindakan Israel dan mendesak Dewan Keamanan PBB turun tangan.”Kami mengungkapkan kemarahan rakyat kita dan menuntut Dewan Keamanan bertindak segera,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon akan melaporkan hal itu kepada Dewan Keamanan PBB pada hari ini. Dia menggambarkan permusuhan Hamas dan Israel yang semakin meruncing sebgai situasi yang menganggu.

Ki-moon tidak tegas mengecam Israel dan hanya minta Israel menahan diri. Sebaliknya, dia justru mengecam militan di Gaza yang menghujani Israel dengan puluhan roket, meskipun hal itu dibantah Hamas.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3744 seconds (0.1#10.140)