Takut teroris, Australia terbitkan travel warning ke RI

Senin, 30 Desember 2013 - 17:21 WIB
Takut teroris, Australia terbitkan travel warning ke RI
Takut teroris, Australia terbitkan travel warning ke RI
A A A
Sindonews.com - Departemen Luar Negeri Australia (DFAT) telah mengeluarkan peringatan perjalanan (travel warning) ke Indonesia, terutama Bali. Peringatan itu dikeluarkan, menyusul adanya ancaman teroris.

”Pihak berwenang Indonesia telah memperingatkan (ancaman) ekstremis. Mungkin (teroris) berencana untuk menyerang gereja-gereja di Jakarta dan tempat lain di Indonesia, selama perayaan Tahun Baru 2014,” bunyi travel warning dapertemen tersebut, Senin (30/12/2013), seperti dikutip ABC.

Peringatan perjalanan yang dikeluarkan Pemerintah Australia itu, tidak lain merujuk dari komentar Kepala Polri, Komisari Jenderal Polisi Sutarman. Di mana, dia sebelumnya menyatakan, ada indikasi para teroris manargetkan tempat-tempat ibadah.

”Teroris sebelumnya menyerang atau telah merencanakan serangan di tempat-tempat orang-orang Barat berkumpul, seperti klub malam, bar, restoran, hotel internasional, bandara dan tempat-tempat ibadah di Bali, Jakarta dan tempat lain di Indonesia,” lanjut bunyi travel warning itu. ”Jenis-jenis tempat seperti itu bisa ditargetkan lagi.”

Departemen itu meminta warga Australia belajar dari pengalaman bom Bali tahun 2002, yang menewaskan 202 orang, termasuk 88 di antaranya warga Australia.

Namun, warga Australia mendesak pemerintahnya untuk mempertimbangkan ulang travel warning itu, bagi mereka yang melakukan perjalanan ke Sulawesi Tengah, Maluku dan Papua.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7579 seconds (0.1#10.140)
pixels