Ahmadinejad: Kemenangan pemberontak Suriah bakal picu instabilitas di kawasan

Senin, 29 April 2013 - 10:39 WIB
Ahmadinejad: Kemenangan pemberontak Suriah bakal picu instabilitas di kawasan
Ahmadinejad: Kemenangan pemberontak Suriah bakal picu instabilitas di kawasan
A A A
Sindonews.com - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad sekali lagi menegaskan dukungan terhadap Rezim Pemerintah Suriah pimpinan Presiden Bashar al-Assad, Minggu (28/4/2013). Ahmadinejad menegaskan, kemenangan pemerontak akan mengancam keamanan di seluruh kawasan.

"Kelompok yang meraih kekuasaan lewat perang dan konflik hanya akan menyebabkan berlanjutnya perang dan masalah keamanan dalam waktu yang lama," ungkap Ahmadinejad saat menerima kunjungan Essam El Haddad, Penasehat Presiden Mesir di kantornya.

Ahmadinejad menuturkan, buruknya keamanan di Suriah akan mengancam keamanan negara di kawasan Timur Tengah. Oleh sebab itu, Teheran dan Kairo harus mempercepat upaya untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di Suriah lewat dialog dan peningkatan pemahaman antara pihak yang berkonflik.

Kedatangan Haddad ke Iran pada akhir pekan kemarin bertujuan untuk menunjukan proposal pembentukan Kelompok Kuartet Islam yang diajukan Kairo guna membantu mengakhiri konflik Suriah. Mesir mengusulkan agar Turki, Arab Saudi, Mesir, dan Iran menjadi bagian dari Kelompok Kuartet Islam tersebut.

Seperti diketahui, selama 25 bulan perang bergulir, Turki, Arab Saudi, dan Mesir mendukung serangan yang dilancarkan oleh pemberontak Suriah. Sementara Iran menjadi satu-satunya negara di Timur Tengah yang dengan setia mendukung Presiden Assad.

Kunjungan Haddad sekaligus menjadi sebuah upaya baru pemulihan hubungan diplomatik Mesi-Kairo yang telah terputus selama puluhan tahun. Menanggapi usulan untuk memperluas hubungan bilateral, Ahmadinejad menyambut langkah baik tersebut dan siap melakukan peningkatan hubungan bilateral.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5488 seconds (0.1#10.140)