alexa snippet

Polandia Sambut Ribuan Tentara dan Tank AS, Kremlin Jengkel

Polandia Sambut Ribuan Tentara dan Tank AS, Kremlin Jengkel
Para tentara Amerika Serikat disambut militer Polandia saat tiba di Zagan, Kamis (12/1/2017). Foto/Agencja Gazeta/Anna Krasko via REUTERS
A+ A-
ZAGAN - Polandia pada Kamis menyambut ribuan tentara Amerika Serikat (AS) bersama dengan tank tempur dan kendaraan berat lainnya di bawah operasi NATO. Kehadiran ribuan tentara dan peralatan tempurnya itu membuat Kremlin jengkel karena menjadi ancaman bagi Rusia.

AS sepakat mengirim 2.700 tentara untuk beberapa gelombang dan rencananya akan mengirim total 3.500 tentaranya ke Eropa. Pengiriman ribuan tentara AS itu bagian dari operasi “Atlantic Resolve” di bawah operasi NATO.

Tujuan pengerahan ribuan tentara AS itu untuk menunjukkan komitmen Washington dalam melindungi sekutu-sekutu NATO di Eropa dari ancaman agresi Rusia.

”Tujuan utama dari misi kami adalah pencegahan dan pencegahan ancaman,” kata Kolonel Angkatan Darat AS Christopher R. Norrie, komandan Tim Tempur Brigade III Lapis Baja, saat upacara penyambutan militer di Kota Zagan barat, Polandia, seperti dikutip Reuters, Jumat (13/1/2017).

Polandia dan negara-negara Baltik pecahan Soviet telah meminta pasukan AS dan NATO setelah Rusia menganeksasi Crimea dari Ukraina pada tahun 2014. Negara-negara sekutu NATO itu takut Rusia di bawah pemerintahan Presiden Vladmir Putin akan melakukan agresi terhadap mereka.

Kremlin bereaksi jengkel atas kedatangan ribuan tentara AS di Eropa timur itu. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pengerahan ribuan tentara AS merupakan langkah agresif di sepanjang perbatasan Rusia.

”Kami menganggap ini ancaman bagi kami,” kata Peskov, kepada wartawan dalam konferensi pers.”Kami berbicara di sini tentang negara ketiga yang meningkatkan kehadiran militernya di Eropa, dekat perbatasan kami.”



(mas)
views: 19.257
loading gif
Top